Arsik Ikan Mas, Hidangan Natal Khas Batak yang Melegenda

Diana Rafikasari, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 298 2332730 arsik-ikan-mas-hidangan-natal-khas-batak-yang-melegenda-UJznPU6BZA.jpg Arsik Ikan Mas sajian istimewa khas Batak saat Natal (Foto: Indonesia.go.id)

Saat Perayaan Natal, salah satu makanan khas Batak yang disuguhkan adalah Arsik ikan mas. Kuliner Batak yang melegenda ini biasanya ditata di atas nampan besar bersama sayuran dan nasi putih.

Hidangan khas Natal dari Tanah Batak ini pada dasarnya merebus ikan mas menggunakan beragam bumbu dan rempah. Bumbu yang digunakan berupa asam cekala, bunga kecombrang, lokio (bawang Batak), kacang tanah, kemiri, kunyit, bawang putih dan bawang merah, cabai merah, jahe, asam gelugur, daun jeruk, daun salam, lengkuas, serai dan andaliman serta garam.

Makanan khas natal dari Tanah Batak ini akan lebih gurih jika menggunakan ikan mas yang sedang bertelur. Karena resapan bumbu pada telur akan menciptakan cita rasa sedap dan gurih. Kandungan protein pada telur bercampur dengan bumbu arsik memberikan sensasi tersendiri pada lidah. Arsik ikan mas hingga hari ini mudah ditemukan di rumah-rumah makan khas Batak.

Tertarik membuat arsik ikan mas untuk Hari Natal? Berikut resep membuat arsik ikan mas dikutip dari Cookpad, Rabu (23/12/2020).

Arsik Ikan Mas

Bahan-bahan :

1 kg ikan mas

Segenggam andaliman

15 buah cabai merah keriting

10 buah cabai rawit merah

8 butir bawang merah

5 siung bawang putih

1 ruas jahe

1 ruas lengkuas

2 ruas kunyit

4 butir kemiri

2 batang serai

2 buah kincung atau kecombrang

10 buah asam cekala atau buah kecombrang

150 gr kacang panjang

100 gr bawang batak

1 liter air

Garam secukupnya

Cara membuat : 

Cuci bersih ikan mas, potong sesuai selera. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, andaliman, dan kemiri dengan sedikit air. Geprek serai dan asam cekala. Potong-potong kacang panjang sekitar 5 cm.

Bersihkan bawang batak dari daun-daunan yang kering, biarkan panjang-panjang. Susun di wajan mulai serai, asam cekala, bawang batak, kecombrang dan kacang panjang. Lalu taruh diatas ikan mas yang sudah dipotong-potong dan bumbu halus.

Tambahkan air hingga ikan terendam. Tambahkan garam sesuai selera. Masak hingga air hampir kering. Setelah air hampir kering, angkat dan sajikan. Arsik semakin enak jika dipanaskan keesokan harinya. Bumbunya semakin meresap.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini