7 Manfaat Buah Anggur, Cocok untuk Sering Dikonsumsi

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 298 2332941 7-manfaat-buah-anggur-cocok-untuk-sering-dikonsumsi-qQxGwX9v0X.jpg Manfaat buah anggur (Foto: Bustle)

Buah anggur selain rasanya yang lezat ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kulit. Makanya tak heran banyak orang menyukai anggur.

Para peneliti telah menemukan bahwa memasukkan anggur dalam makanan seseorang sebenarnya bisa baik untuk kesehatan karena memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut sejumlah manfaat dari buah anggur untuk kesehatan dan kulit dilansir dari NDTV.

 anggur

1. Sarat dengan antioksidan

Anggur banyak mengandung antioksidan, Buah ini mengandung berbagai macam fitonutrien langsung dari karotenoid hingga polifenol. Penelitian telah mengungkapkan bahwa fitonutrien ini membantu mencegah jenis kanker tertentu dan membantu menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah masalah kulit

Diketahui bahwa resveratrol mencegah tanda-tanda penuaan dan masalah kulit lainnya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim di University of California, Los Angeles (UCLA), resveratrol, bila dikombinasikan dengan obat jerawat umum benzoyl peroxide, melawan bakteri penyebab jerawat.

3. Sumber kalium

Pemecahan nutrisi buah anggur mengungkapkan bahwa per 100 gram buah mengandung 191 mg kalium. Asupan tinggi kalium dan menurunkan kandungan natrium dapat membantu tubuh Anda dalam berbagai cara. Diet rendah natrium tinggi kalium terbukti bermanfaat untuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan kesehatan jantung dalam banyak kasus. Mengurangi asupan garam dan berfokus pada serat kaya kalium dapat membantu mendapatkan perut yang rata.

4. Baik untuk mata

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Miami, Florida, anggur meningkatkan kesehatan mata dari menandakan perubahan pada tingkat sel hingga secara langsung melawan stres oksidatif. Memasukkan anggur dalam makanan menghasilkan tingkat protein inflamasi yang lebih rendah.

5. Meningkatkan kekuatan otak

Penelitian tertentu menemukan bahwa resveratrol membantu meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga dapat membantu mempercepat respons mental dan terbukti bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit terkait otak seperti Alzheimer.

6. Baik untuk lutut

Sebuah studi yang dilakukan oleh Texas Woman's University telah menetapkan bahwa asupan anggur setiap hari dapat membantu meredakan nyeri lutut, terutama yang dipicu karena osteoartritis simtomatik. Anggur kaya akan antioksidan, yang paling penting dan bermanfaat adalah polifenol, yang membantu meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas persendian.

Baca juga: Cerita Sandiaga Uno tentang 'Bismillah Mas' dari Menteri Pratikno

7. Punya sifat anti-inflamasi

Telah ditemukan bahwa anggur mengandung enzim tertentu yang menghasilkan efek anti-inflamasi dalam tubuh kita. Dengan demikian, ini membawa kelegaan pada arteri, meningkatkan kesehatan jantung dan membantu fungsi perbaikan tubuh lainnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini