5 Asupan yang Bisa Bikin Pintar, Yuk Rajin Dikonsumsi

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 298 2332970 5-asupan-yang-bisa-bikin-pintar-yuk-rajin-dikonsumsi-sLFizDlClV.jpg Minyak ikan termasuk asupan yang bisa meningkatkan kemampuan otak. (Foto: Ededchechine/Freepik)

TERUNGKAP sejumlah asupan yang bisa membuat pintar dengan meningkatkan kemampuan otak. Asupan itu tentunya harus yang sehat dan bergizi, kemudian bermanfaat bagi fisik dan otak. Lalu untuk menjadi pintar, diperlukan juga asupan nutrisi memperkuat daya ingat. Tentunya tidak lupa sambil diimbangi selalu belajar.

Asupan yang mengandung lemak sehat, serat, protein, vitamin, dan antioksidan memberikan nutrisi yang dapat meningkatkan daya ingat serta konsentrasi. Asupan tersebut bahkan memberikan perlindungan dari penyakit otak, termasuk alzheimer dan demensia.

Baca juga: 4 Kombinasi Makanan yang Bisa Bantu Kamu Cepat Turunkan Berat Badan 

Seperti dirangkum dari The Healthy, Rabu (23/12/2020), berikut ini beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat serta konsentrasi Anda, dan tentunya bisa menambah pintar.

1. Brokoli

Menurut studi 2017 di Journal of Cerebrovascular Disease and Stroke, sayuran Cruciferous seperti brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang dapat melindungi otak. Selain itu, brokoli mengandung vitamin K yang penting bagi fungsi otak.

Brokoli. (Foto: Shutterbug75/Pixabay)

2. Minyak ikan

Otak memerlukan banyak nutrisi lemak omega-3 agar tetap sehat. Ikan seperti salmon, makarel, trout, herring, sarden, serta tuna mengandung omega-3 EPA dan DHA yang penting untuk otak.

Menurut sebuah studi tahun 2017 di Journal of Alzheimer's Disease, DHA sangat penting untuk kesehatan otak pada orang tua yang tidak mengalami gangguan kognitif.

Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Jaga Imunitas, Sering Konsumsi Yuk 

3. Telur

Dalam sebuah studi 2017 di The American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Finlandia menemukan makan telur dapat meningkatkan kekuatan otak. Ini karena adanya kandungan kolin yang menutrisi metabolisme.

Melansir dari Times of India, telur kaya akan mineral, vitamin, zat besi, yodium, dan vitamin B12. Telur harus menjadi makanan rutin Anda. Zat besi menciptakan sel darah merah yang membawa oksigen ke otak dan membuat ingatan tajam. Selain itu, yodium diketahui dapat meningkatkan kemampuan memecahan masalah.

4. Cokelat hitam

Penelitian menunjukkan cokelat hitam punya kekuatan untuk meningkatkan otak, termasuk meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi risiko demensia, dan meningkatkan kinerja pada aktivitas memori.

dark chocolate (nattiononlineng)

Baca juga: 2 Langkah Mudah Bikin Makanan Cepat Saji Jadi Lebih Menyehatkan 

5. Teh hijau

Selain dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah kanker, banyak ilmuan percaya minum teh hijau juga bermanfaat bagi otak. Teh hijau memberikan asam amino L-theanine yang menenangkan dan membuat rileks tanpa menyebabkan rasa kantuk. Selain itu, minum teh hijau dapat mengurangi risiko gangguan kognitif, menurut sebuah penelitian besar 2017 di jurnal Oncotarget.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini