Share

Budi Gunadi Sadikin Jadi Menteri Kesehatan, Ini Tanggapan Dokter Relawan Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 05:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 481 2332469 budi-gunadi-sadikin-jadi-menteri-kesehatan-ini-tanggapan-dokter-relawan-covid-19-n5JjFKpCPn.jpg Budi Gunadi Sadikin ditunjuk menjadi menteri kesehatan. (Foto: BPMI)

KEPUTUSAN Presiden Joko Widodo untuk melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju sedang menjadi perbincangan publik. Terlebih lagi dengan digantinya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dengan Budi Gunadi Sadikin.

Tentunya banyak masyarakat mempertanyakan keputusan mengejutkan Presiden Jokowi ini. Sebab, menkes baru yang ditunjuk tidak memiliki latar belakang pendidikan kedokteran. Sekadar informasi, Budi Gunadi Sadikin sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri badan usaha milik negara (BUMN).

Baca juga: Atasi Masalah Dampak Covid-19 Jadi PR Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes 

Terkait hal ini, Dokter Relawan Covid-19 Muhammad Fajri Adda'i mengimbau masyarakat untuk tidak terpaku terhadap latar belakang pendidikan seseorang. Terlebih lagi pilihan tersebut diputuskan langsung oleh Kepala Negara dengan banyak pertimbangan.

Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

"Latar belakang Beliau memang bukan dokter, sebab Beliau kan di BUMN. Seharusnya dengan latar belakang seperti itu, ia punya kemampuan lebih di bidang manajerial," terang dr Fajri saat dihubungi Okezone, Selasa 22 Desember 2020.

Baca juga: Rayakan Hari Ibu, Raisa Tulis Pesan Menyentuh Kalbu

Menurut dia, seorang presiden pasti tidak akan sembarangan dalam menunjuk menteri. Sebab akan ada preferensi dan pertimbangan khusus yang begitu dalam. Artinya, pandangan Presiden Jokowi saat ini bahwa Budi Gunadi Sadikin adalah orang yang tepat.

"Kita harus hargai itu. Kita lihat bagaimana kinerjanya. Terlebih di era pandemi seperti ini tantangannya lebih besar. Selanjutnya dasar pengambilan kebijakan adalah hal yang sangat penting,” lanjutnya.

Dokter Fajri mengatakan, di sejumlah negara lain banyak pula menteri kesehatan yang background-nya bukan dari seorang tenaga medis. Sebagian dari mereka bahkan ada yang memiliki latar belakang orang bisnis, sosial, maupun politik.

"Apa pun itu asal pengambilan kebijakannya berdasarkan pengambilan data dan sains, itu yang terpenting. Di era pandemi seperti ini ya sains tentang virologi, epidemiologi. Jadi ada nuansa data. Kalau bahasa ilmiahnya evidence base policy atau peraturan berdasarkan data," tuntasnya.

Baca juga: Budi Gunadi Sadikin Tak Berlatar Kesehatan, Haruskah Menkes Dokter? 

Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Setpres)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini