Profil Dokter Dante Saksono, Wakil Menteri Kesehatan si Ahli Diabetes

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 481 2332594 profil-dokter-dante-saksono-wakil-menteri-kesehatan-si-ahli-diabetes-12RWWNgfB8.jpg Dokter Dante jadi Wamenkes (Foto : Instagram/@handojostephanie)

Nama Dokter Dante Saksono mencuat ke publik setelah dirinya dilantik sebagai Wakil Menteri Kesehatan RI, mendampingi Budi Gunardi Sadikin sebagai Menkes baru di Kabinet Indonesia Maju Jilid 2. Pelantikannya dilakukan hari ini, Rabu (23/12/2020).

Tak banyak yang tahu bahwa dokter yang juga dikenal sebagai ahli diabetes itu masih terbilang sangat muda. Ya, Dokter Dante sudah mendapatkan gelar 'ahli' di usianya sekarang yang masih 47 tahun.

Nah, penasaran seperti apa sepak terjal pendidikan kedokteran Dokter Dante si dokter muda ini?

Menurut laman Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, tempat dia praktik di spesialis Endokrin dan Metabolik, Dokter Dante ternyata kelahiran Temanggung, 22 Maret 1973. Dia menamatkan pendidikan dokter umum di FKUI pada 1997.

Dokter Dante

Setelah itu, Dokter Dante yang memiliki nama gelar dr Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, PhD, melanjutkan pendidikan spesialis Penyakit Dalam di Universitas Indonesia dengan tahun kelulusan 2004, dan mendapatgelar SpPD serta mengambil Moleculer Diabetes di University of Yamanashi, Jepang, untuk gelar PhD-nya.

Baca Juga : Menkes Budi Gunadi Sadikin Bukan Dokter, dr Tirta Akhirnya Komentar

Tercatat juga di sana bahwa Dokter Dante adalah salah seorang tim kepresidenan Indonesia, Anggota PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia), Kolegium Perkeni (Persatuan Endokrinologi Indonesia), Sekjen Hisobi (Himpunan Studi Obesitas Indonesia), Komnas BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), dan Kemendiknas Dirjen Dikti.

Dokter muda ini punya hobi yang menarik, lho, ternyata ahli molekuler diabetes pertama di Indonesia itu suka fotografi, otomotif, dan audiophile. Benar-benar jauh dari kesan dunia medis. ya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini