Share

Budi Gunadi Sadikin Resmi Jadi Menteri Kesehatan, Ini Tanggapan Epidemiolog

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 481 2332639 budi-gunadi-sadikin-resmi-jadi-menteri-kesehatan-ini-tanggapan-epidemiolog-POUoxLZd83.jpg Presiden Jokowi melantik enam menteri baru termasuk Budi Gunadi Sadikin sebagai menkes. (Foto: BPMI Setpres)

BUDI Gunadi Sadikin resmi dilantik menjadi menteri kesehatan untuk masa kerja hingga 2024 mendatang. Ia bersama lima menteri lainnya dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu pagi ini di Istana Negara.

Keputusan Presiden Jokowi memilih Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan yang baru menggantikan Terawan Agus Putranto masih menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya menjabat sebagai wakil menteri BUMN tidak memiliki latar belakang pendidikan kedokteran.

Baca juga: Atasi Masalah Dampak Covid-19 Jadi PR Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes 

Tentunya pengangkatan Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan menjadi tantangan khusus, terutama saat krisis kesehatan akibat virus corona (covid-19) yang masih melanda Indonesia. Lantas, bagaimana pandangan dan tanggapan pakar pakar kesehatan mengenai terpilihnya Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan?

Epidemiolog dari Universitas Airlangga (Unair) Laura Navila Yamani menyebut tentunya Kementerian Kesehatan di bawah komando yang baru perlu meningkatkan dan memperbaiki sistem yang sudah berjalan saat ini. Salah satunya dalam hal komunikasi terkait pandemi virus corona saat ini.

Baca juga: Budi Gunadi Sadikin Jadi Menteri Kesehatan, Ini Tanggapan Dokter Relawan Covid-19 

"Tugas Menkes baru mungkin meningkatkan atau memperbaiki komunikasi terkait upaya pengendalian covid-19 dari level pusat sampai desa misal puskesmas," terang Laura saat dihubungi Okezone, Rabu (23/12/2020).

Ia menilai dengan komunikasi yang lebih baik, maka dapat memperbaiki informasi dan kasus mengenai covid-19, sehingga data yang diperoleh dari hasil laporan bisa digunakan dengan lebih baik.

"Komunikasi ini dalam hal memperbaiki informasi data kasus sehingga data yang akurat bisa digunakan untuk mengambil keputusan atau kebijakan intervensi dalam area tertentu," tuntasnya.

Baca juga: Budi Gunadi Bukan Dokter Kok Ditunjuk Jadi Menkes? Ini Penjelasan Istana 

Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini