Libur Natal, Yuk Ketahui 7 Manfaat Tidur yang Cukup

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 481 2332720 libur-natal-yuk-ketahui-7-manfaat-tidur-yang-cukup-8UgFFlKJxL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MUMPUNG libur Natal, saatnya Anda menyempatkan tidur cukup agar merasakan manfaatnya. Khususnya bagi Anda para pekerja keras, rehatlah sejenak dari pekerjaan.

Studi menunjukkan bahwa memiliki waktu tidur yang berkualitas secara teratur dapat membantu memperbaiki segala macam masalah. Mulai dari gula darah hingga olahraga Anda.

Melansir dari WebMD, berikut Okezone paparkan beragam manfaat tidur pulas bagi tubuh.

Baca Juga: Ngobrolin Dunia Kerja, Mulai Kantor Jauh dan Mengenali Tipe Bos

Otak lebih tajam

tdr

Ketika Anda memiliki tidur yang cukup, Anda akan lebih mudah mengingat dengan detail segala hal. Anda menjadi lebih fokus dan memahami banyak informasi dengan baik. Memori ingatan pada otak pun bekerja dengan baik.

Meningkatkan mood

Pikiran Anda membutuhkan waktu untuk beristirahat juga. Jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, Anda cenderung memiliki lebih banyak reaksi emosional negatif dibandingkan reaksi emosional positif. Tidur yang nyenyak membantu menenangkan pikiran Anda dan membuat hari Anda menjadi lebih baik.

Jantung lebih sehat

Saat Anda tidur, tekanan darah Anda turun, membuat jantung dan pembuluh darah Anda sedikit istirahat. Semakin sedikit Anda tidur, semakin lama tekanan darah Anda bertahan selama siklus 24 jam. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, yang bisa memicu penyakit jantung termasuk stroke.

Memberi kinerja terbaik

Dengan tidur nyenyak, energi Anda terkumpul dengan baik. Sehingga, Anda memiliki tenaga ekstra saat melakukan kegiatan olahraga Anda di keesokan harinya.

Mengontrol gula darah

Tidur cukup dan nyenyak membuat jumlah glukosa dalam darah Anda turun. Tidak cukup. Biarkan diri Anda mencapai dan tetap dalam tidur nyenyak ini, sehingga Anda cenderung tidak terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Bikin Orang Indonesia Stres?

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Untuk membantu Anda menangkal penyakit dari bakteri dan virus berbahaya dalam tubuh, Anda membutuhkan kekebalan tubuh yang cukup untuk mengatasinya. Dengan memiliki tidur yang cukup membantu Anda menghindari rasa lelah, membantu kerja sel kekebalan dalam tubuh.

Mengontrol berat badan

Saat Anda cukup istirahat, rasa lapar Anda berkurang. Hormon leptin dan ghrelin yang mengendalikan nafsu makan bekerja dengan baik.

Kebutuhan tidur setiap orang tentu berbeda-beda. Penelitian menemukan bahwa orang yang tidur lebih lama memiliki lebih banyak penumpukan kalsium di arteri jantung mereka dan juga arteri kaki yang kurang fleksibel. Waktu terbaik untuk tidur adalah selama 7-8 jam setiap malam untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang efektif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini