Rayakan Natal Bareng Keluarga Besar, Perhatikanlah Protokol Kesehatan

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 481 2333070 rayakan-natal-bareng-keluarga-besar-perhatikanlah-protokol-kesehatan-jNBDEv9ESH.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

VIRUS corona semakin menggila di tengah perayaan Natal dan Tahun Baru. Untuk meminimalisir penularan, jangan abaikan protokol kesehatan ya!

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC merilis serangkaian rekomendasi agar dapat menjaga pertemuan keluarga mereka tetap aman. Protokol kesehatan 3M perlu diterapkan di mana saja.

CDC juga merekomendasikan strategi baru ketika Anda menerima tamu saat Natal. Terutama dari kalangan keluarga besar yang ingin ke rumah saat libur Natal.

Dilansir dari Healthline, berikut empat cara aman dari Covid-9 jika Anda ingin merayakan Natal bersama keluarga. Yuk simak!

Perhatikan situasi daerah

Memastikan terlebih dahulu tentang penyebaran Covid-19 di daerah tersebut, hal ini adalah cara yang baik untuk mengukur seperti apa risikonya jika ingin mengadakan sebuah acara dengan keluarga.

Orang yang tinggal atau bepergian dari daerah dengan tingkat penularan yang tinggi, akan sangat berbahaya untuk mengikuti kegiatan seperti itu. Resiko penyebaran akan sangat tinggi jika hal ini sampai terjadi di sekitar Andar.

Jika tidak memungkinkan bagi Anda merayakan acara pertemuan keluarga secara tatap muka, gunakan alat obrolan video meeting atau aplikasi lainnya pada musim liburan kali ini.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Natal dari Berbagai Negara, Lezat Hangatkan Suasana

Batasi durasi pertemuan dan jumlah tamu

 natal

Jika salah satu anggota atau siapapun tamu yang akan menghadiri acara ini memiliki riwayat penyakit, alangkah baiknya untuk tidak diikutsertakan. Secara umum, semakin sedikit orang yang memiliki penyakit bawaan atau sedang sakit, semakin rendah pula risiko penularan virus lain atau Covid ini..

Tidak ada yang tahu apakah kita sedang berada dalam lingkungan yang aman atau tidak, oleh karena itu Anda harus memperhatikan orang-orang disekitar dengan membatasi jumlah tamu dan waktu pertemuan tersebut.

Gunakan masker

 masker

Menjaga jarak dan memakai masker adalah dua hal terbaik yang dapat dilakukan orang untuk menurunkan risiko tertular virus corona. Virus corona dapat menyebar melalui droplet dan sentuhan fisik secara langsung.

Baca Juga: Libur Natal, Yuk Ketahui 7 Manfaat Tidur yang Cukup

Dr Robert Glatter, seorang dokter darurat di Lenox Hill Hospital di New York City mengatakan, sederhananya, memakai masker tidak hanya melindungi orang lain di sekitar Anda.

"Tetapi juga membantu melindungi diri Anda sendiri dengan mengurangi risiko tertular virus," katanya.

Masker medis menjadi pilihan tepat untuk mencegah penularan virus. Begitu juga dengan masker N95 yang dipasang dengan benar akan menurunkan risiko dan bahkan lebih efisien dari kain biasa atau masker bedah. Tetapi masker ini sulit didapat karena hanya untuk orang yang bekerja di bidang kesehatan.

Namun kini apapaun jenis maskernya, terutama untuk masker medis dan masker kain wajib digunakan saat keluar rumah. Begitu juga saat di rumah ketika menerima tamu.

Jaga jarak dan mencuci tangan

 cuci

Selain itu, Anda juga perlu menjaga jarak dan mencuci tangan untuk lebih terjaga dari serangan Covid-19. Selamat liburan!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini