Rajin Merawat Kulit Mampu Jaga Kesehatan Mental

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 611 2332726 rajin-merawat-kulit-mampu-jaga-kesehatan-mental-XQFZ8bJE8v.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MERAWAT kulit ternyata tidak hanya membuat tubuh menjadi terlihat sehat dan terawat. Jika Anda rutin melakukan perawatan kulit juga baik untuk kesehatan mental.

Apalagi di masa pandemi saat ini, menerapkan rutinitas tersebut akan bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh dan memberikan kesejahteraan psikologis Anda, seperti yang tercatat di Berkeley Wellness.

“Kenyataannya, kulit kita adalah kunci untuk kesehatan internal kita. Ketika kulit terlihat dan terasa nyaman, kita cenderung merasa lebih baik dan percaya diri,” kata Erum Ilyas, MD, ahli kulit bersertifikat Montgomery Dermatology di King of Prussia, Pennsylvania.

Sementara itu, dilansir dari Everydayhealth, berikut 5 manfaat perawatan kulit yang baik untuk kesehatan mental. Yuk simak!

Menstabilkan hari-hari Anda

kulit

Menurut Matt Traube, psikoterapis klinis berlisensi dan psikodermatolog Santa Barbara, California, di masa pandemi ini sangat penting untuk mempertahankan beberapa rutinitas selama seminggu. Seperti makan sehat, olahraga, dan perawatan kulit. Ini saat yang tepat untuk memanfaatkan kebiasaan ini. Sehingga, kemungkinan menderita masalah kebahagiaan akan berkurang.

Baca Juga: Wika Salim Pakai Hot Pants Sambil Pamer Perut Mulus di Pantai Bali

Membantu menghentikan kekhawatiran

Saat Anda melakukan aktivitas, seperti membersihkan, mengencangkan, dan melembabkan wajah, Anda dapat keluar dari pikiran buruk dan mengalihkan fokus pada apa yang Anda lakukan. Sehingga, Anda memberikan perhatian penuh kepada perawatan wajah.

"Dengan terlibat dalam aktivitas ini selama beberapa menit, Anda dapat membantu otak Anda melepaskan diri dari pola pikir spiral yang kurang sehat," kata Traube.

Meningkatkan mood

Memijat lembut kulit dengan waslap hangat untuk membersihkan, meluangkan waktu ekstra untuk menghaluskan pelembab halus di wajah Anda, atau mengoleskan masker dapat membuat perasaan Anda menjadi rileks dan sejahtera.

Joyce Davis, MD, seorang dokter kulit di New York City, merekomendasikan untuk menggunakan masker jika Anda menginginkan perawatan kulit yang lebih terkonsentrasi. Karena umumnya, masker lebih lembut dan dapat membantu membuat kulit sehat sementara untuk memberi Anda penampilan yang lebih muda dan segar.

Baca Juga: Cantiknya Tiara Andini Pakai Korset, Netizen: Ku Tak Sanggup Pejamkan Mata

Hubungan dengan orang-orang tersayang semakin terikat

“Saya menemukan, bahwa saat ini berinteraksi sosial yang tidak terlalu langsung, seperti menghabiskan waktu perawatan diri bersama anak-anak saya jauh lebih efektif dalam mencapai keseimbangan kesejahteraan fisik dan mental," kata Dr. Ilyas.

Anda bisa meracik bahan-bahan di dapur untuk membuat masker sendiri dengan minyak kelapa atau alpukat tumbuk, bersama orang-orang terkasih.

Menjadi rutinitas yang baik

Dengan melakukan perawatan kulit, Anda berfokus untuk menjaga diri Anda sendiri dengan cara kecil ini. Hal ini mirip dengan kegembiraan yang mungkin Anda dapatkan saat merias wajah. Bahkan, bisa saja Anda dapat menemukan pelembab yang sangat Anda sukai dengan buatan sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini