Beautypedia, Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kontak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 611 2332806 beautypedia-mengenal-jenis-jenis-lensa-kontak-MAILhXVifn.jpg Kontak lensa (Foto: Cleveland Clinic)

Saat ini, penggunaan lensa kontak bukan hanya sebagai alat bantu penglihatan pengganti kacamata, melainkan juga sebagai fashion. Karena saat ini kita dapat dengan mudah menemui kontak lensa yang dijual tanpa ukuran minus atau plus.

Meski menggunakan lensa kontak dinilai lebih praktis dibanding kacamata, namun benda ini membutuhkan lebih banyak perawatan. Jangka waktu pemakaian kontak lensa pun lebih singkat dibanding kacamata.

Melansir All About Vision, lensa kontak (terutama lensa kontak lunak) harus sering diganti untuk mencegah penumpukan endapan lensa dan kontaminasi yang meningkatkan risiko infeksi mata.

Pergantian lensa kontak pun berbeda antara satu sama lain. Bergantung dari bahan serta kualitas lensa tersebut. Berikut adalah bahan-bahan lensa kontak.

 pakai lensa kontak

1. Lensa lunak

Lensa lunak terbuat dari plastik seperti gel yang mengandung air yang disebut hidrogel. Lensa ini sangat tipis dan lentur serta sesuai dengan permukaan depan mata. Diperkenalkan pada awal tahun 1970-an, lensa hidrogel membuat pemakaian lensa kontak jauh lebih populer karena biasanya langsung terasa nyaman.

Satu-satunya alternatif pada saat itu adalah lensa kontak keras yang terbuat dari plastik PMMA. Lensa PMMA biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk beradaptasi dan banyak orang tidak berhasil memakainya.

2. Lensa silikon hidrogel

Lensa silikon hidrogel adalah jenis lensa kontak lunak canggih yang lebih berpori daripada lensa hidrogel biasa dan memungkinkan lebih banyak oksigen mencapai kornea.

Diperkenalkan pada tahun 2002, lensa kontak silikon hidrogel sekarang menjadi lensa paling populer yang diresepkan di Amerika Serikat.

3. Lensa permeabel gas

Lensa ini juga disebut lensa GP atau RGP adalah lensa kontak kaku yang terlihat dan terasa seperti lensa PMMA tetapi berpori dan memungkinkan oksigen melewatinya. Karena dapat ditembus oksigen, lensa GP terasa lebih nyaman daripada lensa keras konvensional.

4. Lensa kontak hibrida

Lensa kontak hibrida dirancang untuk memberikan kenyamanan pemakaian yang menyaingi lensa hidrogel lembut atau silikon, yang dikombinasikan dengan optik lensa permeabel gas yang sangat jernih.

Lensa hibrida memiliki zona pusat permeabel gas yang kaku, dikelilingi oleh "pinggiran" bahan hidrogel atau silikon hidrogel.

Terlepas dari fitur ini, hanya sebagian kecil orang di AS yang memakai lensa kontak hibrida, mungkin karena lensa ini lebih sulit dipasang dan lebih mahal untuk diganti daripada lensa hidrogel lembut dan silikon.

 Baca juga: Cerita Sandiaga Uno tentang 'Bismillah Mas' dari Menteri Pratikno

5. Lensa PMMA

Lensa PMMA terbuat dari bahan plastik kaku transparan yang disebut polimetil metakrilat (PMMA). Lensa PMMA memiliki optik yang sangat baik, tetapi lensa ini sulit ditembus oksigen ke mata akibatnya mata sulit untuk beradaptasi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini