Menristek Pastikan Varian Baru Covid-19 Belum Masuk Indonesia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 24 Desember 2020 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 24 481 2333536 menristek-pastikan-varian-baru-covid-19-belum-masuk-indonesia-4DeVNZUIx2.jpg Varian baru Covid-19 belum masuk Indonesia (Foto : Medicaldaily)

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro memastikan varian baru Covid-19 yang ditemukan di Inggris belum menyebar di Indonesia.

Hal ini dikarenakan, belum ada bukti yang menunjukan tingkat keganasan atau tingkat kematian terpapar virus corona jenis baru ini.

"Saat ini kita simpulkan belum ada bukti varian ini sudah ada atau menyebar di Indonesia, Belum ada bukti tingkat keparahan lebih dan juga tidak menambah tingkat kematian ujar Bambang dalam video virtual Kamis (24/12/2020).

covid

Kata dia, varian baru virus Covid-19 ini ditemukan karena Inggris memiliki fasilitas molekuler terbaik di dunia. Pemantauan serta pengawasan virus corona di Inggris, membuat negara tersebut dapat menemukan varian baru virus corona.

"Inggris adalah salah satu negara yang punya monitoring dan surveilance genomic dan molekuler terbaik di dunia. Karena itu mereka bisa mendeteksi, bahwa ada mutasi yang menyebabkan penularan yang lebih cepat,"imbuhnya

Baca Juga : Kedubes Inggris: Varian Baru Covid-19 Berkemampuan Transmisi 70 Persen Lebih Tinggi

Saat ini, Indonesia perlu mewaspadai penyebaran jenis baru Covid-19 ini. Apalagi, kasus positif dan penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin meningkat.

"Kita harus waspada dengan tingkat peningkatan kasus positif dan juga infeksi makin tinggi kita harus jaga agar varian ini tidak membuat keadaan berat,"tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini