Covid-19 Jenis Baru Kian Dekat, Haruskah Indonesia Lockdown Total?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 481 2333686 covid-19-jenis-baru-kian-dekat-haruskah-indonesia-lockdown-total-5K5k5LjgjS.jpg Ilustrasi lockdown (Foto : Medicaldaily)

Covid-19 jenis baru bernama VUI 202012/01 yang pertama kali ditemukan di Inggris mulai menyebar ke berbagai negara. Italia, Australia, bahkan Singapura melaporkan adanya kasus virus corona jenis baru tersebut.

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, pun tak menyangkal bahwa karakter Covid-19 jenis baru ini mudah sekali menyebar, 70 persen lebih tinggi kemampuan infeksiusnya dibanding varian lain. Karena itu, beberapa negara pun melakukan pelarangan dari dan ke Inggris.

Covid-19

Informasi itu pun dibenarkan Menteri Riset dan Teknologi atau Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro. "Jadi, ada mutasi Covid-19 yang menyebabkan penularan lebih cepat. Varian ini harus diwaspadai," katanya secara virtual belum lama ini.

Baca Juga : Cegah Varian Baru Covid-19 Masuk ke Indonesia, Pakar Kesehatan Sarankan Travel Ban!

Kasus Covid-19 jenis baru ini di Inggris angkanya sudah tembus lebih dari 1.100 kasus. Inggris Tenggara diketahui menjadi wilayah paling terdampak dengan data 50 persen pemeriksaan sampel menunjukkan adanya VUI 202012/01.

"Karena penyebaran virusnya cukup masif, Indonesia harus mewaspadai mutasi ini. Kita harus hati-hati karena Singapura sudah melaporkan satu kasusnya dan itu berarti sudah dekat dengan kita," ujarnya.

Pemerintah Indonesia melalui Satuan Tugas Penanganan Covid-19 pun resmi melarang kedatangan pelaku perjalanan dari Inggris. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya transmisi Covid-19 jenis baru tersebut.

Pemberlakuan pembatasan ini dituangkan dalam addendum Surat Edaran No. 3/2020 yang ditandatangani oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 tertanggal 22 Desember 2020. Sementara itu, untuk pelaku perjalanan dari Eropa dan Australia yang akan masuk ke Indonesia, diberlakukan syarat khusus.

Isolasi Mandiri

Di sisi lain, apakah upaya lain untuk mencegah penyebaran Covid-19 jenis baru ini seperti misalnya lockdown total perlu dilakukan untuk memaksimalkan langkah pencegahan?

Menurut Pakar Kesehatan Universitas Indonesia dr Ari Fahrial Syam, SpPD, upaya pencegahan seperti lockdown total bukan pilihan yang tepat.

"Lockdown total itu telat kalau mau dilakuin. Jadi, saran yang bisa kami berikan adalah pemerintah melakukan travel ban untuk orang-orang yang datang dari Eropa, khususnya dari Inggris," saran dr Ari saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (25/12/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini