Tekan Angka Kematian Covid-19, Menkes Budi 'Lahirkan' Relawan Perawat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 481 2333830 tekan-angka-kematian-covid-19-menkes-budi-lahirkan-relawan-perawat-vZiUmqd3I1.jpg Menkes Budi Gunadi (Foto : Instagram/@kemenkes_ri)

Antisipasi lonjakan kasus Covid-19 karena libur Natal dan Tahun Baru, Menteri Kesehatan - Menkes Budi Gunadi Sadikin bakal memperkuat masalah teknis. Salah satunya menambah jumlah personel perawat di rumah sakit seluruh Indonesia.

Hal itu dikatakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Webinar, Jumat (25/12/2020). Menurutnya, menambah jumlah perawat di rumah sakit untuk penanganan Covid-19 saat ini dibutuhkan, selain dari jumlah kasur ruang perawatn.

"Dari data yang kami peroleh, ternyata yang dibutuhin sekarang adalah perawat," ujar Menkes Budi Gunadi.

Budi Gunadi

Untuk mencukupi perawat di rumah sakit, Kemenkes pun sudah menghubungi asosiasi profesi agar menerjunkan perawat. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menambahkan, Kemenkes sudah melakukan koordinasi dengan Direktur RSCM dan lahirlah model 'Relawan Perawat'.

"Dengan Relawan Perawat, kebutuhan jumlah perawat akan terpenuhi," tambahnya.

Baca Juga : Covid-19 Jenis Baru, Menkes Budi: Kami Meminta Ahli Mikrobiologi Mempelajari Strain Tersebut

Wamenkes Dante tak menampik bahwa dengan adanya momen libur Natal dan Tahun Baru, akan ada lonjakan kasus Covid-19. Namun, yang menjadi fokusnya sekarang adalah menekan angka kematian akibat Covid-19.

"Lonjakan kasus pasti ada, yang menjadi persoalan adalah menekan angka kematian akibat Covid-19 supaya jangan meningkat dan caranya memastikan apa yang dibutuhkan rumah sakit tercukupi dengan baik, dalam hal ini memastikan jumlah perawat, karena dokter, ruangan, obat, dan alat kesehatan aman," papar Wamenkes Dante.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini