Update Penanganan Covid-19, Menkes Budi: Jumlah Dokter dan Obat-Obatan Aman

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 481 2333850 update-penanganan-covid-19-menkes-budi-jumlah-dokter-dan-obat-obatan-aman-8pnqp0gISa.jpg Menkes Budi Gunadi (Foto : Setpres)

Menteri Kesehatan - Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa jumlah dokter, obat-obatan, ruangan rumah sakit, dan alat kesehatan aman. Data tersebut dia dapatkan dari hasil koordinasi dengan beberapa pihak rumah sakit di Indonesia.

Meski begitu, Menkes Budi tak menampik bahwa jumlah bed masih perlu dilakukan penambahan, terlebih adanya prediksi lonjakan kasus Covid-19 di momen libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Karena itu, Kemenkes akan menambahkan bed untuk kamar biasa dan ICU.

"Yang penting dilakukan adalah menambah jumlah bed baik di kamar biasa atau ICU. Di RSCM misalnya, kami bisa tambah 100 bed. Tapi, kalau ditanya ruangan, ya, aman. Jumlah dokter, alat kesehatan, maupun obat-obatan juga aman," terangnya dalam webinar, Jumat (25/12/2020).

Menkes Budi

Nah, yang menjadi fokus perhatian selain kasur rumah sakit, sambung Menkes Budi, adalah jumlah perawat. "Dari data yang kami peroleh, ternyata yang dibutuhin sekarang adalah perawat," sambungnya. Untuk mencukupi perawat di rumah sakit, Kemenkes pun sudah menghubungi asosiasi profesi agar menerjunkan perawat.

Baca Juga : Tekan Angka Kematian Covid-19, Menkes Budi 'Lahirkan' Relawan Perawat

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menambahkan, Kemenkes sudah melakukan koordinasi dengan Direktur RSCM dan lahirlah model 'Relawan Perawat'. "Dengan Relawan Perawat, kebutuhan jumlah perawat akan terpenuhi," tambahnya.

Wamenkes Dante tak menampik bahwa dengan adanya momen libur Natal dan Tahun Baru, akan ada lonjakan kasus Covid-19. Namun, yang menjadi fokusnya sekarang adalah menekan angka kematian akibat Covid-19.

"Lonjakan kasus pasti ada, yang menjadi persoalan adalah menekan angka kematian akibat Covid-19 supaya jangan meningkat dan caranya memastikan apa yang dibutuhkan rumah sakit tercukupi dengan baik, dalam hal ini memastikan jumlah perawat, karena dokter, ruangan, obat, dan alat kesehatan aman," papar Wamenkes Dante.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini