5 Perawatan Rumahan untuk Menghilangkan Blackhead

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 611 2333853 5-perawatan-rumahan-untuk-menghilangkan-blackhead-xMW6FAAZGK.jpg Mengobati blackhead (Foto: Teen Vogue)

Komedo di hidung dan T zone seringkali mengganggu penampilan. Komedo ada 2 macam, yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam alias blackhead.

Blackhead dianggap paling mengganggu karena warnanya yang menonjol, berbentuk bintik-bintik hitam. Walaupun berbagai cara sudah dilakukan untuk menghilangkan komedo ini, namun tetap komedo akan muncul begitu saja.

Alexander Dane DO, dari Affiliated Dermatologists & Dermatologic Surgeons, di Morristown, New Jersey mengatakan, "Ada beberapa perawatan rumahan yang sangat bagus bagi komedo dan dapat mengurangi pori-pori tersumbat,” katanya.

Berikut beberapa pengobatan rumahan yang terbukti dapat mengurangi blackhead seperti dilansir dari The Healthy. Apa saja?

 soda kue

1. Soda kue

Dane mengatakan soda kue dapat menetralkan ketidakseimbangan pH yang dialami kulit dan bekerja untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, campurkan 2 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan air sampai berbentuk pasta. Pijatkan pada wajah, lalu bilang dengan air hangat. Dan lembabkan setelahnya. Namun, ini dapat mengeringkan kulit dan jangan gunakan lebih dari 2 atau 3 kali seminggu.

2. Eksfoliasi di rumah

Campurkan brown sugar, madu, dan jus lemon untuk blackhead di dagu dan hidung. Caranya campurkan 1 sendok makan brown sugar, 2 sendok makan lemon, dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah dengan Gerakan melingkar, pijat selama 5 menit, lalu bilas dan gunakan pelembab.

 

3. Minyak tea tree

Para ahli mengatakan, minyak ini dapat dioleskan langsung ke area berkomedo di dagu dan hidung. Bekerja dengan membunuh bakteri, minyak tea tree ini tersedia dalam produk, seperti sabun, krim, atau minyak esensial.

4. Kunyit kasturi

“Kunyit dapat digunakan untuk menghilangkan komedo karena sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi,” kata Dane. Penting diperhatikan bahwa kunyit biasanya menodai kulit, namun dengan kunyit Kasturi Anda dapat terhindar dari noda.

Untuk pemakaian, gunakan 1 sendok makan kunyit kasturi dan campurkan 1 sendok makan air atau minyak kelapa hingga membentuk pasta. Oleskan ke wajah Anda dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas.

5. Lulur minyak kelapa dan gula

Meskipun blackhead di dagu dan di sekitar mulut sering muncul, namun komedo juga dapat muncul di tubuh Anda. Cara mengatasinya, campurkan minyak kelapa dan gula untuk dijadikan lulur.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini