Tips Liburan Natal dan Tahun Baru Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2020 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 25 612 2333889 tips-liburan-natal-dan-tahun-baru-aman-di-tengah-pandemi-covid-19-l1vaVCqQBt.jpg Liburan Natal dan Tahun Baru (Foto: Woe Magazine)

Delapan provinsi menunjukkan angka kematian akibat Covid-19 yang cukup tinggi. Karena itu, dokter menyarankan untuk mengganti lokasi berlibur agar menghindari Anda dan keluarga dari paparan Covid-19.

Kedelapan provinsi tersebut ialah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Bali, dan Kalimantan Selatan.

 liburan

"Karena kasus kematiannya tinggi di 8 provinsi tersebut, kami menyarankan agar menghindari wilayah tersebut untuk berlibur karena wilayah itu memiliki banyak destinasi yang menarik, sehingga banyak wisatawan yang akan datang berkunjung," saran Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Evasari Hospital dr Nugraheni Irda, Sp.PD, dalam keterangan resmi yang diterima Okezone belum lama ini.

Dokter Nugraheni menambahkan, untuk libur Natal kali ini ada baiknya ditahan dulu. "Ya, idealnya liburan di rumah saja," katanya. Tapi, jika Anda sudah terlanjur membuat jadwal untuk berlibur, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap aman dari paparan Covid-19.

Apa saja tips tersebut?


1. Sebisa mungkin berlibur dengan orang rumah (bukan bersama keluarga jauh, apalagi orang asing yang tidak diketahui latar belakangnya).

2. Tetap mematuhi protokol 3M (mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir sesering mungkin, menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter, dan menjauhi kerumunan, serta memakai masker dengan benar).

3. Memilih tempat wisata yang tidak berpotensi menciptakan kerumunan.

4. Hindari tempat-tempat tertutup dan kunjungi tempat terbuka. Kurangi durasi kunjungan.

5. Pastikan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, berhenti merokok, dan jaga kesehatan mental.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini