5 Cara Mempertahankan Kebugaran Tubuh agar Fit Menyambut Tahun Baru

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 481 2334104 5-cara-mempertahankan-kebugaran-tubuh-agar-fit-menyambut-tahun-baru-TqAEt1qDGr.jpg Olahraga (Foto: The Telegraph)

Di tengah pandemi Covid-19, kita tetap harus menjaga kebugaran tubuh. Apalagi kita harus tetap fit dan sehat saat menyambut tahun baru.

Oleh karena itu, untuk tetap bisa menjaga kesehatan tubuh saat tahu baru, Anda harus memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Seperti dilansir dari Healthline, berikut 5 cara agar tubuh Anda tetap fit menyambut tahun baru.

 makan sehat

1. Buat dan konsumsi makanan yang sehat

Saat Anda lapar, Anda cenderung memilih untuk membuat atau membeli makanan yang kurang sehat. Amy Shapiro, MS, RD, CDN, Pendiri dan Direktur Real Nutrition NYC, merekomendasikan untuk mengisi setengah piring Anda dengan sayuran setiap saat.

“Kalau begitu ambil separuh lagi dari piringmu dan bagi menjadi empat bagian. Seperempat untuk karbohidrat dan seperempat untuk protein. Ini adalah porsi yang sempurna," katanya.

2. Tetap terhidrasi

Anda dianjurkan untuk minum 8 gelas air sehari. Hal ini dapat membantu Anda agar tidak mudah merasa lapar, lesu, dan lelah. Sebelum ngemil, pastikan Anda sudah minum air terlebih dahulu. Ini juga merupakan praktik yang baik untuk menetapkan batasan pada minuman beralkohol.

3. Tidurlah yang nyenyak

Mendapatkan tidur yang cukup penting untuk mengembalikan suasana hati, kesehatan, dan pandangan yang baik. Usahakan konsisten untuk menjaga waktu tidur dan bangun yang teratur, bahkan saat bepergian.

Orang yang cukup istirahat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan melakukannya dengan lebih baik daripada orang yang kurang tidur.

4. Olahraga di rumah

Anda bisa memanfaatkan waktu libur Anda untuk tetap melakukan exercise di rumah tanpa harus pergi ke gym. Gabungkan gerakan berat badan seperti squat, lunge, shoulder taps, dan burpees.

"Latihan yang dimodifikasi atau dipadatkan lebih baik daripada latihan yang terlewat," kata Jackie Wilson, Pendiri dan CEO Nova Fitness Studios di New York City.

5. Jangan menunda hingga Januari tahun berikutnya

Jika Anda tidak mengikuti jadwal olahraga atau rencana makan sehat, ingat jangan menunggu hari Senin atau tahun baru. Segera kembali ke jalurnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini