5 Makanan Ini Menyebabkan Perut Kembung, Jangan Konsumsi Terlalu Banyak

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 298 2334884 5-makanan-ini-menyebabkan-perut-kembung-jangan-konsumsi-terlalu-banyak-J7ZJzik7L7.jpg Sayur brokoli (Foto: Healthy Recipes)

Kadang mengalami perut kembung adalah hal yang normal. Namun jika perut kembung setiap usai makan sesuatu maka perlu diperhatikan.

“Ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan usus dan pencernaan Anda,” kata Rachel Doyle, RDN, pemilik RAD Nutrition yang berbasis di Chicago yang berfokus pada kesehatan usus.

Seperti dilansir dari Everyday Health, perut kembung membuat kita tidak nyaman. Bahkan beberapa orang harus menghindarinya sebisa mungkin.

Oleh karena itu, penting untuk mengatahui berbagai makanan yang menyebabkan perut kembung. Nah, berikut ini 5 makanan yang dapat membuat perut Anda kembung. Apa saja?

 donat

1. Makanan olahan

Sodium penyebab perut kembung. “Sodium menahan air,” kata Pam Fullenweider, RD, pendiri Fully Mediterranean di Houston. Ketika itu terjadi maka perut akan mengalami pembengkakan atau kembung, kata Doyle

Sodium umumnya berasal dari makanan kemasan dan olahan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji, dressing, saus, sup kaleng, daging deli, dan makanan yang dipanggang seperti roti, bagel, dan donat. Oleh karena itu batasi mengonsumsi makanan ini.

2. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak jenuh biasanya ditemukan pada makanan yang dipanggang, daging olahan, dan keju, menurut Departemen Pertanian AS.

"Jenis makanan ini memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna daripada makanan lain," kata Kristin Gillespie, RD, seorang dokter bersertifikat yang berbasis di Virginia Beach, Virginia.

3. Produk susu

Berbagai jenis produk susu, seperti keju, krim, susu, dan es krim dapat menyebabkan perut sebagian orang kembung. Banyak orang sulit mencerna laktosa terutama pada orang tua, menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders.

Jika Anda tidak dapat berhenti mengonsumsi produk susu, cobalah mengonsumsi suplemen enzim seperti Lactaid sebelum makan agar tubuh dapat memecah laktosa.

4. Apel

Meskipun apel makanan sehat, namun buah ini mengandung fruktosa tinggi dan jika terlalu banyak fruktosa dapat menyebabkan kembung, menurut Johns Hopkins Medicine. Apel juga dianggap sebagai makanan yang dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang.

Menurut Johns Hopkins Medicine, selain apel, makanan sehat seperti bawang merah, bawang putih, kacang merah, dan kacang mete juga bisa menyebabkan kembung.

5. Sayuran cruciferous

Sayuran cruciferous termasuk brokoli, kembang kol, kubis, kangkung, arugula, dan kubis brussel. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, mengonsumsi ini dalam jumlah banyak dapat menyebabkan gas berlebih menumpuk sehingga kembung.

Sayuran ini mengandung gula yang disebut raffinose dan menyebabkan gas, menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini