9 Kue Manis yang Selalu Bikin Rindu Perayaan Natal

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 298 2334998 9-kue-manis-yang-selalu-bikin-rindu-perayaan-natal-Vw2sswhglu.jpg Kue Khas Natal dari Italia (Foto : Timesofindia)

Momen Perayaan Natal telah terlewati, namun pasti banyak kenangan dari hari yang paling dinanti Umat Nasrani setiap tahunnya. Selain kebersamaan bersama orang-orang tercinta, ada hal lain yang akan dirindukan dari Hari Natal.

Tak hanya keseruan menghias pohon Natal, tetapi juga hidangannya. Kue khas Natal menjadi salah satu yang akan dirindukan. Misalnya 9 kue khas Natal dari berbagai negara berikut ini yang dikutip dari Timesofindia:

1. Galette Des Rois dari Prancis

Kue Natal

Galette Des Rois merupakan puffed pastry yang diisi dengan pasta almond. Secara tradisional, kue ini dimakan setelah Natal, sekitar tahun baru. Namun, belakang ini begitu populer di negaranya sehingga para pembuat roti mulai menjualnya selama musim dingin, itulah mengapa kue ini dianggap sebagai kue Natal di Prancis.

Dibuat dari puff pastry mentega yang diisi krim/pasta almond dan di atasnya ditaburi gula bubuk. Kue ini cocok menjadi teman ngobrol santai bersama keluarga tersayang.

2. Pan de Pascua dari Chili

Kue Natal

‘Pan de Pascua’ berarti 'roti Paskah', kue tradisional dari Chili ini dibuat dari perpaduan adonan kue buah dan rum. Kue ini disajikan bersama kopi tradisional bernama Cola de Mona, cocok dimakan bersamaan.

Baca Juga : Kue Natal 2020: Yule Log Cake Simbol Kehangatan

3. Black Forest Cherry Cake dari Jerman

Kue Natal

Sesuai namanya, kue ini asli dari pegunungan di Jerman yang bernama Black Forest. Dibuat dari lapisan kue cokelat yang dicampur ceri dan ditutup dengan krim dan cokelat hitam. Dan, orang Jerman tidak bisa merayakan Natal tanpa kue ini.

4. Revani dari Turki

Kue Natal

Baklava merupakan makanan penutup paling terkenal dari Turki, namun makanan penutup ini tak dinikmati selama Hari Natal. Mereka memiliki makanan penutup yang berbeda untuk Hari Natal, yakni Revani.

Revani adalah kue basah yang dubuat dengan semolina, lemon, dan sirup jeruk. Bahan cair pada adonan kue membuat kue terasa lembut, lembab, dan lebih enak.

5. Tarta de Santiago dari Spanyol

Kue Natal

Tarta de Santiago berasal dari bagian utara Galicia, Almond menjadi bahan terpenting untuk kue Spanyol ini. Bagian permukaan kue ini di dekorasi berbentuk 'St. James cross’ menggunakan gula halus.

6. Dundee Cake dari Inggris

Kue Natal

Kue Dundee adalah kue terkenal dari Inggris yang dihiasi dengan lingkaran almond. Penambahan kulit jeruk, whisky, dan almond pada adonan kue, menjadikan fruitcake ini berbeda dengan cake sejenis lainnya. Kue ini terkenal karena kekayaan rasanya.

7. Bolo Rei dari Portugal

Kue Natal

Kue tradisional dari Portugal ini memiliki keunikan tersendiri. Bentuknya seperti mahkota, mengacu pada kisah tiga rasa yang disebut 'bolo rei'. Kue ini dinikmati penduduk setempat sepanjang perayaan Natal hingga Dias de Reis pada 6 Januari.

8. Tres Leches Cake dari Meksiko

Kue Natal

Tres Leches Cake adalah kue basah berbahan dasar susu, secara tradisional disajikan di Meksiko selama Natal. Kue ini juga sangat terkenal di wilayah selatan Amerika.

Dibuat dari kue bolu berbahan mentega yang direndam dalam tiga jenis susu hingga jenuh. Kue ini memiliki aroma yang nikmat!

9. Panettone dari Italia

Kue Natal

Panettone adalah kue buah berbentuk kubah yang pertama kali dipanggang pada awal abad ke-20. Kue ini sangat disukai oleh banyak negara Eropa. Kue buah bertekstur spons ini disajikan dengan wine manis selama Natal di Italia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini