Terpapar Covid-19 saat Liburan, Dokter Sarankan Segera Ambil Langkah Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 481 2334747 terpapar-covid-19-saat-liburan-dokter-sarankan-segera-ambil-langkah-ini-UhdiFNYlVo.jpg Ilustrasi pencegahan covid-19. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

TERPAPAR covid-19 saat liburan adalah hal yang sangat tidak diinginkan semua orang. Momen yang seharusnya dirasakan penuh kebahagiaan, bisa menjadi kesedihan yang tidak akan terlupakan.

Kemungkinan risiko terpapar covid-19 saat liburan bisa saja terjadi, terlebih jika Anda mendatangi lokasi wisata di zona merah dan suasananya ramai. Protokol kesehatan yang tidak diterapkan secara ketat pun bisa meningkatkan risiko tersebut.

Baca juga: Supaya Cepat Sembuh, Pasien Covid-19 Wajib Hindari 5 Asupan Ini 

Nah, apa yang harus dilakukan jika terpapar covid-19 saat melakukan liburan bersama keluarga?

Dokter spesialis penyakit dalam dr Mohammad Irfan SpPD menyarankan agar orang yang positif terinfeksi covid-19 tidak panik. Ini hal utama yang harus dilakukan semua orang.

"Bila gejala yang Anda alami mengarah ke covid-19, maka yang pertama harus dilakukan jangan panik. Kemudian cari fasilitas kesehatan terdekat yang ada di lokasi wisata atau tempat Anda menetap selama liburan Tahun Baru 2020," ungkap dr Irfan dalam keterangan resmi yang diterima Okezone belum lama ini.

Baca juga: Risiko dan Efek Samping Pakai Hand Sanitizer Setiap Hari 

Ia melanjutkan, ketika sudah di rumah sakit, biasanya dokter akan menganjurkan penderita melakukan pemeriksaan covid-19, bisa dengan rapid test antigen untuk diagnostik. Bila hasilnya positif, sebaiknya semua rombongan atau keluarga ikut menjalani pemeriksaan serupa.

"Itu diperlukan agar memastikan siapa saja yang segera mendapat pertolongan jika positif, dan bagi yang negatif bisa diselamatkan dengan menjauhkannya dari yang positif. Jangan lupa untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan isolasi diri," papar dr Irfan.

Lalu apa yang bisa penderita lakukan ketika menyadari ada anggota keluarga atau rekan menunjukkan gejala covid-19 saat berlibur?

"Segera anjurkan anggota keluarga itu atau rekannya yang mengalami gejala covid-19 ke rumah sakit untuk dilakukan tes diagnostik. Apabila hasilnya positif, tetap gunakan masker, jaga jarak dengan pasien positif, pisahkan diri dengan rombongan, dan segera lakukan isolasi mandiri," jelasnya.

Baca juga: Epidemiologi Sebut Hanya Ada 3 Cara untuk Cegah Persebaran Covid-19 Jenis Baru 

Ilustrasi cegah covid-19. (Foto: Heru Haryono)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini