Selain Dewi Perssik, Penyintas Covid-19 Ini Juga Ungkap Alami Ruam Merah

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 481 2334833 selain-dewi-perssik-penyintas-covid-19-ini-juga-ungkap-alami-ruam-merah-ugtht0hcHo.jpg Ilustrasi covid-19. (Foto: Shutterstock)

PEDANGDUT cantik Dewi Perssik beberapa waktu positif terpapar covid-19. Ia dan keluarga pun harus beristirahat total untuk proses pemulihan. Dewi Perssik bahkan harus mendapat perawatan khusus karena mengalami gejala tidak biasa.

Muncul ruam merah di kulit Dewi Perssik saat positif covid-19. Ruam yang hampir menutupi seluruh tubuhnya itu diberitahukan Dewi Perssik melalui akun Instagram pribadinya @dewipersikreal.

Baca juga: Terkena Covid-19, Dewi Perssik Alami Kemerahan di Wajah dan Tubuh 

"Jadi timbul kemerahan ini adalah salah satu yang timbul dari mereka yang terkena covid sekitar 20%," ungkap Dewi Perssik dalam keterangan foto yang diunggahanya itu.

Mungkin saja sebagian pihak cukup heran dengan gejala covid-19 yang dialami Dewi Perssik. Sebab sejauh ini yang diketahui gejala umum dari covid-19 adalah sesak napas, demam tinggi, indera pengecap dan pencium hilang.

Dewi Perssik mengalami ruam merah saat positif covid-19. (Foto: Instagram @dewipersikreal)

Hal serupa ternyata juga dialami penyintas covid-19 bernama Fatima. Pegawai swasta asal Jakarta ini sempat mengalami demam dan bintik-bintik merah di kedua tangannya, rasanya pun gatal.

"Bintik-bintik merah, kayak DBD (demam berdarah dengue). Itu demam pas hari ketiga," katanya saat dihubungi Okezone, Senin (28/12/2020).

Baca juga: Dewi Perssik Positif Covid-19 dengan Gejala Ruam Kulit, Normalkah? 

Semula ia tak mengetahui jika bintik merah tersebut merupakan bagian gejala covid-19. Setelah sembuh, dirinya baru tahu dari penyintas lain.

"Nah, aku masih enggak tahu itu covid. Kirain biasa. Saat baca-baca gejala penyintas lain, ternyata itu bagian dari covid. Ada gejala serupa (bintik merah)," terangnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh konsultan dermatologis di Rumah Sakit St Thomas dan King's College London dr Veronique Bataille. Ia mengatakan banyak infeksi virus yang dapat memengaruhi kulit. Oleh karena itu, tidak heran jika pasien covid-19 mengalami beberapa hal di kulitnya.

"Banyak infeksi virus yang memengaruhi kulit, jadi tidak mengherenkan kalau kami melihat adanya gejala ruam kulit pada pasien covid-19," ujarnya, seperti dikutip dari laporan Covid Symptom Study ZOE.

Baca juga: 5 Kali Tes, Dewi Perssik Akhirnya Negatif COVID-19 

Namun, kata Bataille, penting bagi masyarakat untuk tahu bahwa dalam beberapa kasus, ruam kulit mungkin merupakan gejala pertama atau satu-satunya.

"Jadi jika melihat adanya ruam di kulit, Anda harus menangani masalah tersebut dengan serius seperti langsung mengisolasikan diri dan melakukan tes sesegera mungkin," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini