Ini Analisis Dokter Melihat Ruam Kulit Dewi Perssik saat Positif Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 481 2334969 ini-analisis-dokter-melihat-ruam-kulit-dewi-perssik-saat-positif-covid-19-lAlzuexrUY.jpg Dewi Perssik mengalami gejala ruam kulit ketika positif covid-19. (Foto: Instagram @dewipersikreal)

PEDANGDUT Dewi Perssik sempat terinfeksi covid-19 dengan gejala ruam kulit. Lewat media sosial, ia mengunggah foto mengalami ruam kulit sambil mengingatkan kepada masyarakat agar selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan karena virus corona itu nyata.

Ruam kulit yang dialami Dewi Perssik hampir menutupi seluruh area wajah, bahkan sampai leher. Netizen yang melihat foto tersebut pun mengaku prihatin dan ikut mendoakan Dewi Perssik yang sudah dinyatakan sembuh usai dua kali pemeriksaan PCR dengan hasil negatif.

Baca juga: Supaya Cepat Sembuh, Pasien Covid-19 Wajib Hindari 5 Asupan Ini 

Tapi, apakah Anda tahu ruam kulit jenis apa yang dialami Dewi Perssik? Lalu bagaimana cara mengatasinya bila mengalami kejadian serupa?

Dewi Perssik mengalami ruam merah saat positif covid-19. (Foto: Instagram @dewipersikreal)

Terkait hal ini, dokter spesialis kulit dan kelamin dr Stevy Dian Fitriani SpKK MKes, berdasarkan pengamatan foto yang dibagikan Dewi Perssik melalui akun Instagram-nya, menilai pemilik goyang gergaji itu mengalami kondisi yang dalam dunia medis disebut urtikaria atau biduran atau kaligata atau orang awam menyebutnya bentol-bentol yang melebar seperti pulau-pulau.

"Kondisi ruam kulit yang dialami Dewi Perssik itu biasanya menimbulkan rasa gatal dan kadang terasa panas pada kulit bila meluas hampir di seluruh badan," jelas dr Stevy kepada Okezone belum lama ini.

Baca juga: Selain Dewi Perssik, Penyintas Covid-19 Ini Juga Ungkap Alami Ruam Merah 

Terkait waktu penyembuhan, lanjut dia, itu sangat tergantung pada penyebabnya. Jadi, penyakit urtikaria sendiri sangat banyak penyebabnya, bisa karena reaksi alergi, makanan, obat, trauma fisik, psikis atau stres, atau penyakit infeksi salah satunya covid-19.

Ya, urtikaria masuk enam kategori ruam kulit yang biasa timbul pada pasien covid-19. Selain urtikaria, ada juga ruam makulopapular, covid toes, ruam vesikuler, ptechiae atau purpura, serta livedo racemose.

Kembali ke urtikaria atau biduran yang dialami Dewi Perssik, penyakit tersebut bisa disembuhkan. Biasanya dokter akan memberikan obat anti-peradangan dan antialergi.

"Kalau pasien sudah diberikan obat itu, biasanya ruamnya akan mereda," ungkap dr Stevy.

Baca juga: 5 Kali Tes, Dewi Perssik Akhirnya Negatif COVID-19 

Selain itu, tindakan pengobatan yang bisa diberikan pada penderita biduran adalah pemberian obat-obatan antihistamin atau antialergi baik secara oral, dioles, atau bila kondisinya berat obat diberikan dengan injeksi atau disuntikkan.

"Itu sangat tergantung dari ringan dan beratnya kondisi ruam yang muncul," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini