Harganya Rp120 Ribu, Tes Antigen CePAD Punya Tingkat Akurasi 85%

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 481 2335155 harganya-rp120-ribu-tes-antigen-cepad-punya-tingkat-akurasi-85-Yz3s7EmyCy.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PASIEN virus corona Covid-19 yang semakin bertambah, membuat para peneliti memutar otak untuk membantu program Testing, Tracing, dan Treatment (3T). Pemerintah pun bahkan berencana menarik rem darurat jika angka pasien positif Covid-19 semakin meningkat.

Belum lama ini peneliti dari Universitas Padjajaran (Unpad), membuat terobosan hasil karya anak bangsa untuk membantu dalam proses 3T. Para peneliti berhasil menciptakan alat rapid test CePAD.

Menteri Riset dan Teknologi, Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, mengatakan rapid test CePAD adalah test kit berbasis antigen untuk melakukan tes, lacak, dan isolasi dalam upaya memutus rantai penularan.

“Rapid test berbahan antigen tidak perlu menunggu 5-6 hari setelah infeksi untuk dapat mendeteksi seperti tes antibodi,” terang Menristek Bambang, dalam acara ‘Perkembangan GeNose dan Rapid Test Antigen CePAD.

Bambang menjelaskan, alat ini memiliki sensitivitas sebesar 85 persen dan spesifisitas mulai dari 83-84 persen. Tingkat akurasi yang dihasilkan adalah 84 persen dengan kisaran harga Rp120 ribu per alat.

“Rapid test antigen ini diambil dengan cara swab. Tujuannya adalah mengurangi alat tes impor dari luar negeri. Sebab ini dibuat langsung oleh anak bangsa dalam negeri,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini