Rapid Test Antigen Baru, Begini Cara Menggunakan CePAD

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 481 2335161 rapid-test-antigen-baru-begini-cara-menggunakan-cepad-cFilF2NkhA.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TIM Peneliti di Universitas Padjajaran (Unpad) berhasil menciptakan rapid test antigen Covid-19 bernama CePAD hasil karya dalam negeri. Rapid tes Covid-19 ini bertujuan untuk mengurangi kebutuhan alat tes impor dari luar negeri.

Tim Peneliti CePAD Unpad, M Yusuf mengatakan CePAD mampu mendeteksi virus SARS-CoV-2 menggunakan sampel swab + buffer. Sampel tersebut diteteskan pada alat CePAD akan mengalir dan berinteraksi dengan antibodi spesifik Anti-SARS-CoV-2.

“Warna merah akan terbentuk pada garis uji ketika virus tertangkap oleh antibodi dan nano partikel emas,” tutur Yusuf, dalam acara ‘Perkembangan GeNose dan Rapid Test Antigen CePAD, Selasa (28/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Yusuf pun sedikit menjelaskan mengenai prosedur penggunaan CePAD.

1. Masukkan swab stick ke dalam nostril pasien hingga mencapai permukaan posterior nasofaring.

2. Putar swab stick perlahan sebanyak 5x untuk memperoleh lebih banyak spesimen.

3. Tarik swab stick keluar dari rongga nasal.

4. Masukkan swab stick ke dalam tabung ekstraksi. Teteskan buffer ekstraksi ke dalam tabung sebanyak 15 tetes. Kocok swab beberapa kali untuk memastikan spesimen terlarut dalam buffer.

5. Angkat swab dari tabung dan peras swab dengan cara menekan dinding tabung untuk mengeluarkan cairan dari swab. Kemudian pasangkan tabung dengan penutup.

6. Buka kemasan alat uji, lalu letakkan pada bidang datar dan bersih. Harap gunakan alat uji segera setelah kemasan dibuka. Lakukan pengujian di suhu ruang dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung.

7. Teteskan sebanyak 3 tetes spesimen yang terlarut dalam buffer pada alat uji yang ditempatkan di permukaan yang datar dan pada suhu ruang.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini