Rapid Tes Antigen CePAD Sudah Sesuai Standar WHO Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 18:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 481 2335171 rapid-tes-antigen-cepad-sudah-sesuai-standar-who-loh-AAdYuDlD0f.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TIM Peneliti Universitas Padjajaran (Unpad) melakukan terobosan besar dalam membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi virus corona Covid-19. Salah satunya dengan menciptakan alat tes antigen secara mandiri hasil karya anak bangsa.

Tim Peneliti CePAD Unpad, M Yusuf mengatakan rapid test antigen CePAD diambil dengan cara Swab. Testing kit ini bahkan memiliki kualitas di atas standar yang telah ditetapkan World Health Organization (WHO) serta sudah mendapatkan izin edar.

“CePAD siap diedarkan karena udah ada izin edarnya. Tapi untuk sekarang masih digunakan di masyarakat Bandung, Jawa Barat dan sekitarnya. Tapi nantinya akan digunakan oleh masyarakat yang lebih luas,” ujar Yusuf, dalam acara ‘Perkembangan GeNose dan Rapid Test Antigen CePAD, Selasa (28/12/2020).

Sekadar informasi, alasan mendasar Tim Peneliti Unpad dalam menciptakan Rapid Test CePAD adalah untuk membantu pemerintah dalam menghemat alat tes Covid-19 secara impor. Selain itu alat ini juga berguna membangun kepercayaan masyarakat terhadap barang-barang buatan dalam negeri.

“Alat ini sudah memenuhi standar WHO, sehingga ada potensi untuk digunakan juga didistribusikan secara global,” tuntas Yusuf.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini