Mau Pelihara Kumis? Simak 7 Tips Berikut agar Tidak Terlihat Kumuh

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 611 2334817 mau-pelihara-kumis-simak-7-tips-berikut-agar-tidak-terlihat-kumuh-xgAIuZtU4J.jpg Ilustrasi Kumis. (Foto: Katelauren)

BEBERAPA pria memilih untuk memelihara kumis dan janggut mereka hingga lebat. Pasalnya, kumis dianggap menambah kesan dewasa dan macho pada penampilan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin merawat kumis. Seperti yang dilansir dari Fashionbeans, perawatan yang diberikan ini demi menjaga kumis tetap terlihat rapi, sehat, dan bagus. Berikut ini cara-cara yang dapat ditiru menurut ahlinya.

Teratur memotong kumis

Menurut Michael Beardsley, seorang stylist di Pall Mall Barbers, cara termudah untuk mulai memotong kumis adalah menggunakan gunting atau pemangkas jenggot.

Lakukan selama tiga sampai empat minggu ke depan, alihkan dengan gunting rambut wajah berkualitas. Jangan lupa untuk mulai menyisir kumis dengan sedikit menambahkan wax agar membentuk.

kumis

Lalukan scrubbing

Seorang tukang cukur janggut merekomendasikan penggunaan scrub wajah untuk menghilangkan semua kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk pada kumis. Gunakanlah terutama di tahap awal mulai menumbuhkannya.

Beri sampo dan conditioner

Pemilik salon Trevor Sorbie, Kate Wingrove, mengatakan rambut wajah bisa sangat kasar, sehingga membuat kulit kering dan gatal. Cobalah untuk menggunakan sampo dan conditioner untuk menjaga kumis tetap bersih.

Potong dikeadaan kering

Penulis buku The Gentleman’s Guide to Beard and Moustache Management, Chris Martin, menyarankan untuk tidak memangkas kumis yang basah. Karena kondisinya lebih berat dan menggantung lebih lama. Sehingga saat sudah kering baru tersadar jika terlalu banyak memangkas.

Pakai wax

David Hildrew, pemilik merek perawatan kumis mengatakan, untuk acara-acara tertentu berikanlah sedikit wax pada kumis untuk memberikan beberapa definisi. Hangatkan wax di jari-jari secara menyeluruh sebelum menggunakannya.

Menyisir kumis

Menurut Brendon Murdock, pendiri barber shop, menyisir kumis akan membantu meratakan, memisahkan, dan berguna saat memangkas. Gunakan sisir untuk meluruskan kumis yang kusut dan membantu saat pemangkasan. Arahkan sisir searah dengan bibir.

Tahu cara memutar kumis

Allan Paterkin, penulis One Thousand Beards: A Cultural History of Facial Hair mengatakan, untuk mendapatkan kumis yang berputar ke atas, ambil sedikit wax dan gosokkan di antara jari jempol dan jari telunjuk. Lalu putar ujung kumis kanan dan kiri seperti sedang menjentikkan jari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini