Beautypedia, Penyebab Warna Kulit Tidak Merata

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 611 2335063 beautypedia-penyebab-warna-kulit-tidak-merata-zaaYo4pSDw.jpg Sinar matahari bikin bintik hitam (Foto: The Beauty Bridge)

Dari bintik-bintik hitam atau dark spot hingga hingga jaringan parut, ada banyak hal yang dapat membuat kulit Anda tampak tidak rata. Meskipun tidak berbahaya, warna kulit tidak merata dapat mendorong beberapa orang untuk mencoba berbagai produk pencerah kulit.

Meskipun ada banyak produk dan solusi pencerah kulit di pasaran, tidak semuanya diciptakan sama, dan beberapa bahkan bisa berbahaya. Mengetahui apa yang harus dicari dapat membantu Anda memilih opsi yang aman jika Anda menginginkan warna kulit yang lebih merata.

Menurut David E. Bank, MD, dari Rumah Sakit Presbyterian New York seperti dikutip Healthline mengatakan, hiperpigmentasi, atau bintik hitam, dapat disebabkan oleh bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, atau perubahan hormonal.

“Ada beragam krim dan serum yang dapat digunakan pasien untuk membantu mencerahkan dan mengurangi area gelap seiring waktu,” katanya.

Masing-masing opsi perawatan ini pun memiliki beberapa risiko, berikut penjelasannya.

 merawat kulit wajah

1. Krim dan serum hidrokuinon

Mungkin solusi paling populer untuk mencerahkan kulit secara cepat adalah solusi topikal yang mengandung hydroquinone. Walaupun dianggap aman untuk digunakan dalam produk kosmetik, konsentrasi hidrokuinon dibatasi karena menimbulkan risiko lebih besar pada konsentrasi yang lebih tinggi.

Faktanya, di Afrika Selatan, itu sama sekali tidak legal untuk digunakan. Disarankan agar orang hanya menggunakan produk yang mengandung hidrokuinon dalam jangka pendek. Jika Anda mengalami iritasi, penggelapan yang tidak biasa pada kulit, atau efek samping lainnya, segera hentikan penggunaan.

2. Retinoid

Produk seperti Retin-A dan Renova adalah solusi alternatif. Mereka mengandung bahan-bahan seperti asam alfa hidroksi dan asam retinoat, yang bekerja untuk meningkatkan pergantian sel, mempercepat pengelupasan kulit, dan mendorong pertumbuhan kulit baru yang sehat.

Bahan-bahan ini bisa sangat mengeringkan dan membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Jika Anda memilih solusi ini, pahami bahwa solusi tersebut dapat memakan waktu beberapa bulan untuk bekerja. Pastikan Anda memakai tabir surya setiap hari.

3. Perawatan dan pengelupasan laser

Pilihan yang lebih invasif untuk meringankan bintik hitam adalah perawatan laser. Ia bekerja dengan menargetkan bintik-bintik gelap dengan energi cahaya terkonsentrasi, dan menghilangkan lapisan demi lapisan kulit. Anda pada dasarnya membakar lapisan kulit yang gelap langsung.

Produk peeling dan exfoliating berfungsi mengangkat sel kulit mati, atau lapisan atas kulit. Menghapus lapisan ini menunjukkan kulit di bawahnya lebih sehat dan lebih kencang. Tapi mereka juga memiliki risiko, seperti iritasi kulit.

 Baca juga: 4 Hari Jadi Menteri, Sandiaga Sudah Ditinggal Istri: Ini Pertama Kali Aku Sendiri

4. Solusi alami

Anda dapat menemukan produk-produk yang dijual bebas yang mengklaim dapat mencerahkan kulit melalui bahan-bahan alami. Diantaranya adalah vitamin C, asam azelaic, ekstrak buah delima, beta karoten, dan ekstrak licorice.

Meskipun ini memiliki risiko yang lebih sedikit daripada pilihan yang disebutkan di atas, kulit Anda mungkin memiliki sensitivitas atau reaksi alergi terhadap hampir semua hal, termasuk produk alami.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini