6 Hal Penting Sebelum Pelihara Binatang, Nomor 4 Paling Utama

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 612 2335052 6-hal-yang-perlu-dipertimbangkan-sebelum-memelihara-binatang-kesayangan-salah-satunya-kesiapan-mental-6tLaNMIyZl.jpg Kucing kesayangan (Foto: Youtube)

Memiliki binatang kesayangan, membutuhkan komitmen nyata. Sebab memelihara makhluk hidup berarti kita wajib mengurusnya dan bertanggung jawab.

Melansir dari laporan Huffpost, Erin Askeland, Konsultan Binatang mengatakan, “Binatang peliharaan membawa kegembiraan, membantu belajar tanggung jawab dan kasih sayang untuk orang lain, persahabatan, bisa menghilangkan stres, dan sebagai tambahan anggota keluarga.”

Penting untuk mempertimbangkan segala biaya dalam perawatan, kesehatan dan waktu. Maka dari itu, mulailah sadari beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk mengadopsi binatang kesayangan seperti dilansir dari Huffpost.

 memelihara kucing

1. Biaya untuk mengurusnya seumur hidup

Pertama, biaya ini termasuk juga dalam makanan, pelatihan, perlengkapan, dan perawatan.

Kedua, Askeland mengatakan, “Biaya untuk mengadopsi hewan peliharaan bisa sangat bervariasi tapi itu hanya biaya awal. Setelah itu perlu membuat anggaran untuk kunjungan dokter untuk menjamin kesehatannya. Pikirkan juga dana darurat jika hewan sakit atau terluka.”

2. Waktu untuk memelihara

Kepemilikan hewan peliharaan melibatkan uang dan waktu. Pertimbangkan juga jadwal kehidupan dengan merawatnya.

“Beberapa binatang kesayangan membutuhkan perhatian lebih dari yang lain. Namun, semuanya membutuhkan interaksi sehari-hari,” jelas Askeland.

Kegiatan lainnya seperti membawa dia keluar rumah dan tidak meninggalkannya di rumah sendirian terlalu lama.

3. Keadaan rumah

Perhatikan juga apakah keadaan rumah yang ditinggali ramah dengan binatang kesayangan. Sebab mereka harus selalu dipantau, baik di dalam maupun di luar rumah. Bahkan di area berpagar sekalipun. Terutama hewan-hewan yang masih berusia muda.

4. Kesiapan mental

Memiliki binatang kesayangan berarti kita akan hidup berdampingan dengannya. Diperlukan kesiapan mental untuk mengambil keputusan ini.

Jika kita merasa tak mampu maka kita bisa cemas dan stres. Begitu juga binatang yang kita pelihara bisa kut stres.

Baca juga: 4 Hari Jadi Menteri, Sandiaga Sudah Ditinggal Istri: Ini Pertama Kali Aku Sendiri

5. Riset gaya hidup binatang

Ini akan sangat penting terutama bagi anjing. Lakukan riset rasnya dan sesuaikan dengan gaya hidup sendiri. Sebab ukuran tubuh anjing, jumlah bulu, dan tingkat aktivitas ras akan sangat berpengaruh.

6. Pendukung

Di bagian pendukung, Askeland menjelaskan, setiap orang di rumah itu harus ikut terlibat dalam perawatan binatang kesayangan. Mereka harus ramah dengan binatang yang akan dipelihara misalnya anjing atau kucing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini