Ada Benjolan Putih di Wajah Bayi, Bahaya Kah?

Novia, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 612 2335116 ada-benjolan-putih-di-wajah-bayi-bahaya-kah-DnCkC4nCZR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda pernah melihat benjolan putih kecil di wajah apalagi pada bayi? Benjolan tersebut bisa muncul entah dari mana dan tidak bisa diatasi dengan mudah. Bukan jerawat dan bisul, benjolan ini pun sangat sulit untuk dihilangkan dan tidak bisa dipecahkan.

Benjolan putih ini pun sering disalahartikan sebagai komedo putih, dan sangat umum terjadi pada bayi baru lahir. Benjolan ini pada dasarnya terbentuk di bawah kulit dan inilah yang perlu Anda ketahui tentang benjolan putih

Benjolan ini terlihat putih atau bahkan sedikit kuning di permukaan dan dikenal sebagai milia, benjolan ini pada dasarnya adalah kista yang berisi keratin di bawah kulit. Keratin adalah protein yang terdapat pada lapisan luar rambut, dan bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut, kulit dan kuku yang sehat.

Melansir TimesofIndia, kondisi kulit ini bisa terjadi pada siapa saja dan tidak ada hubungannya dengan usia dan jenis kulit. Biasanya milia ini muncul di wajah seperti pipi, di sekitar mata dan hidung.

anak bayi

Biasanya milia dapat terjadi pada siapa saja dan terkadang tidak ada alasan khusus di baliknya. Benjolan kecil ini terjadi saat keratin terperangkap dan membentuk gelembung kecil di kulit.

Ini bisa terjadi ketika kulit mati tersumbat di permukaan kulit Anda, bahkan trauma kulit seperti luka bakar, infeksi, dan lecet dapat menyebabkan milia.

Tidak ada cara untuk mencegahnya, tetapi Anda pasti bisa mengobatinya. Dan, apapun yang terjadi, Anda tidak boleh memencetnya. Ini hanya akan mengiritasi kulit Anda dan bahkan menyebabkan jaringan parut.

Anda dapat menghilangkannya dengan bantuan ahli kulit yaitu dengan menggunakan jarum atau pisau bedah. Bahkan laser dapat membantu, di mana jarum yang dipanaskan dengan listrik digunakan untuk menghilangkannya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini