Kejar Target Akhir Tahun, Hati-Hati Malah Burnout

Highend, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 612 2335226 kejar-target-akhir-tahun-hati-hati-malah-burnout-j8WTVhBptv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LIBURAN akhir tahun memang cukup menarik untuk dihabiskan bersama keluarga atau mungkin teman-teman Anda. Nah, beberapa orang yang ingin merayakan tahun baru mungkin bekerja ekstra.

Tapi, bekerja untuk menebus libur akhir tahun bisa membuat Anda yang tetap harus bekerja mengalami burnout. Burnout adalah kondisi seseorang merasakan stres disebabkan oleh tekanan psikologisnya.

Melansir Highend, tekanan psikologis tersebut dapat ditemukan secara beragam, seperti banyaknya tenggat waktu pekerjaan, menumpuknya tugas-tugas sekolah, kewajiban organisasi, dan masih banyak lagi.

pekerjaan

Seseorang dapat dikatakan burnout jika dirinya tidak bersemangat untuk bekerja, ia akan merasa energinya begitu terkuras dan tidak memiliki semangat untuk menyelesaikan pekerjaannya. Seorang burnout juga akan terlihat melalui kualitas kerjanya, dikarenakan kinerja yang menurun.

Selain perihal kinerja, secara psikolog orang yang mengalami burnout akan mudah terpancing amarah, bahkan bukan hanya soal pekerjaan, melainkan bisa saja terkait hal lain.

Ketika Anda merasakan hal-hal di atas, Anda memperkecil kemungkinannya dengan cara mencari tahu penyebabnya sendiri, selain itu Anda bisa mulai menjaga keseimbangan hidup dengan cara membuat batasan waktu antara bekerja dan menjalani kehidupan pribadi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini