Share

Harus Menahan Kantuk? Ini 6 Cara Cegah Menguap

Uthari Handayani, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 612 2335247 harus-menahan-kantuk-ini-6-cara-cegah-menguap-FNHRgSzJ1J.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGUAP adalah reaksi alami saat manusia merasa ngantuk dan lelah. Tapi ketika terjadi terlalu sering dan tidak bisa terkontrol akan sangat mengganggu keadaan sehari-hari.

Mungkin saat Anda sedang menghadiri pertemuan penting atau sedang rapat. Akibatnya, Anda akan terlihat bosan dan tidak tertarik.

Melansir dari The Healthy, daripada terkesan tidak menghargai sebaiknya Anda meluangkan waktu sebentar demi melawan menguap dan berikut beberapa caranya.

Bernapaslah lewat hidung

Menurut seorang ahli saraf, Robert R. Provine, menguap menandakan kita lelah atau bosan. Untuk menahan menguap, bisa dengan menarik napas lewat hidung. “Menguap melibatkan penghirupan yang lama dan pernapasan pendek dengan rahang yang menganga,” jelasnya.

Dapatkan pengalihan

Provine mengatakan, “Ada efek penghambatan sosial. Orang yang melihat Anda akan menghalangi Anda untuk menguap”. Ini benar-benar efektif untuk mencegahnya. Alihkan pandangan dari yang Anda lihat sekarang ke orang lain.

menguap

Kertakan gigi

Lakukanlah dengan mengertakan gigi, cara kerja ini sama seperti menarik nafas dari hidung. “Anda dapat memblokir menguap, walaupun keinginan untuk melakukannya akan tetap ada,” kata Provine.

Naik tangga

Jika Anda perlu melakukan sesuatu untuk menghindari menguap, cobalah untuk bergerak dengan menaiki tangga. Ini akan kembali menghidupkan tubuh Anda. Penelitian dari Pshycology & Behavior menemukan bahwa menaiki tangga sama efektifnya dengan kafein dosis rendah untuk meningkatkan energi dengan cepat. Namun jangan terlalu memaksakan diri saat Anda lelah.

Periksa obat Anda

Beberapa obat seperti antidepresan, antihistamin, dan obat-obat penyeri memiliki efek samping pada kantuk dan mendorong untuk menguap. Periksalah, minum, dan sesuaikan dengan jadwal Anda hari ini agar tidak mengganggu.

Minum air putih

Saat mulai dehidrasi Anda akan merasa lelah. Minumlah segelas air untuk melawan keinginan menguap dan menyegarkan tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini