Deretan Tempat Ngopi Enak di Jakarta, Sudah Pernah Singgah?

Highend, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 298 2335582 deretan-tempat-ngopi-enak-di-jakarta-sudah-pernah-singgah-71au2uUpdL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BIASANYA warung kopi atau kedai kopi di Jakarta selain menjual kopi, mereka akan menawarkan environment seperti tempat-tempat foto yang Instagram-genik. Namun, ketika Anda mencoba meminum kopinya, Anda mungkin berpikir lebih enak buatanan sendiri.

Bagi mereka yang menyukai kopi, entah manual maupun espresso-based, tidak ada yang lebih penting dari tempat ngopi yang sama bersemangatnya soal kopi dengan mereka. Lupakan sejenak tempat ngopi paling hits saat ini, dengan kualitas bahan baku biji kopi, prosedur pembuatan kopi, dan penyajian kopi yang baik adalah yang terpenting.

Nah, melansir Highend bagi Anda yang benar-benar hobi kopi, ada beberapa rekomendasi tempat ngopi yang bisa Anda singgahi di daerah Jakarta. Tapi ingat ya, tetap jaga protokol kesehatan ketika Anda berkunjung ke suatu tempat.

GIYANTI COFFEE AND ROASTERY

Terletak di Jl. Surabaya, Menteng, Giyanti sudah pasti masuk daftar wajib pecinta kopi manapun. Mereka mengolah kopi mereka sendiri sehingga selalu segar dan menyajikan kopi lengkap dengan free flow infused water (andai Anda paham berapa banyak kafe yang tidak menyediakan air putih saat menyajikan kopi).

Kalau Anda beruntung, Anda bisa menemukan kopi single origin langka yang dapat diolah sesuai selera Anda—baik strong atau reguler.

Kekurangan dari tempat yang amat cantik dengan sirkulasi udara baik di area merokoknya ini cuma satu: hingga kini mereka belum menyajikan opsi manual brew. Dan, oh, jangan lupakan jam buka mereka yang tidak kompatibel dengan kebanyakan jam kantor ini.

TANAMERA COFFEE

Sebagai salah satu grup produsen kopi terbaik dan terbesar di Indonesia, siapa yang tak mengenal Tanamera? Mereka menyajikan segala jenis biji kopi single origin dengan pilihan proses manual beragam. Dengan kontrol prosedur yang ketat, setiap barista dapat menjawab dengan baik segala macam pertanyaan Anda soal kopi dan memberikan rekomendasi sesuai selera Anda.

Sejauh ini, Tanamera Coffee Ahmad Dahlan di Gandaria adalah outlet mereka yang paling nyaman. Akan sangat sulit untuk menolak godaan membeli sebungkus biji kopi segar dari Kafe ini untuk dinikmati di rumah.

THREE FOLKS

Nama Three Folks mungkin tidak sepopuler dua nama sebelumnya, namun grup kecil ini sudah punya tiga gerai di Pesanggrahan, Bintaro, dan Cilandak. Selain filter coffee, spesialisasi dari kafe ini adalah kopi proses Japanese drip, earl grey latte, dan butterscotch latte.

Anda yang tidak menyukai kopi pun tetap dapat dimanjakan dengan es krim earl grey maupun pilihan specialty tea mereka. Begitu sampai di sini, Anda dijamin langsung nyaman dengan seating bersirkulasi udara baik dan tanaman hijau asli yang tumbuh di area kafe.

FIRST CRACK

Begitu memasuki tempat ngopi di Jalan Bumi, Kebayoran Baru ini, Anda akan segera tahu betapa si pemilik mencintai kopi dengan pilihan interior yang ada. First Crack, di antara semua tempat ngopi di daftar ini, memang memiliki desain interior terbaik.

Menu wajib coba mereka adalah cold brew mereka yang super segar, kaya rasa, dan antipahit; berbeda dengan kebanyakan cold brew standar. Meski demikian, Anda yang perokok mungkin perlu menimbang ulang menghabiskan banyak waktu di sini sebab area merokok yang disediakan amat kecil relatif dengan ukuran kafe dan sirkulasi udara yang kurang baik.

COMMON GROUNDS

Satu hal yang pasti: Anda tidak akan meragukan kapasitas dari setiap barista Common Grounds sebab coffee chain ini cukup terkenal dengan program edukasi kopi mereka. Fakta trivia dari orang dalam: mereka bahkan ketat mengontrol air yang digunakan untuk membuat kopi untuk memastikan kalibrasi rasa yang benar-benar sama.

Selain itu, outlet-outlet mereka amat Instagrammable. Kelemahannya? Common Grounds hanya ada di mal, dan tidak punya rumah sendiri yang lebih jauh dari keramaian khas mal.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini