Sederet Minuman Khas di Berbagai Negara, Bisa Tebak?

Highend, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 07:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 298 2335823 sederet-minuman-khas-di-berbagai-negara-bisa-tebak-6RLO7D3zuA.jpeg Minuman Khas. (Foto: Highend)

PADA 2020 ini boba atau bubble tea menjadi salah satu minuman yang digemari. Sudah dikenal sejak awal tahun 2000-an di Taiwan, boba memang menjadi salah satu minuman yang menjadi andalan.

Nah, selain boba ada juga beberapa minuman yang menjadi ciri khas masing-masing daerah. Melansir Highend, dapatkah Anda menebak negara asal dari minuman-minuman paling populer di dunia ini?

Jus Sari Tebu

minuman tradisional

Jus tebu baru-baru ini diumumkan sebagai minuman nasional Pakistan. Di sana, minuman ini lebih sering disebut sebagai "gunney ka rus" dan banyak dijual oleh pedagang pinggir jalan. Jus yang diekstrak dari tebu dingin ini selalu disajikan dalam keadaan segar, sebab ia dapat cepat menghitam karena oksidasi.

Terlepas dari namanya, jus tebu hanya mengandung 15 persen gula mentah; relatif lebih rendah dari jus buah standar. Jus tebu memiliki indeks glikemik rendah yang bagus untuk penderita diabetes dan mengandung kalsium, tembaga, magnesium, mangan, seng, zat besi dan kalium serta Vitamin A, B1, B2, B3 dan C.

Masala Chai

minuman tradisional

Teh panas, manis, dan berrempah ini populer di seluruh subkontinen India dan biasanya dijual oleh chai wallahs, atau penjual teh. Masala Chai adalah kombinasi dari teh hitam, susu, gula, dan campuran rempah-rempah aromatik dan herbal yang disebut sebagai masala; termasuk kapulaga, kayu manis, jahe, cengkeh, lada, adas, dan adas bintang.

Campuran rempah-rempah yang dicampur ke dalam chai dapat disesuaikan, tergantung selera dan manfaat kesehatan yang diinginkan.

Apabila Anda ingin mencoba membuatnya, gunakan bumbu utuh untuk menambah rasa tanpa menambahkan tekstur ekstra pada teh. Panggang bumbu, lalu hancurkan sedikit untuk membantu melepaskan lebih banyak rasa.

Bumbu-bumbu tersebut kemudian direbus dengan air untuk meresapi semua rasa. Daun teh hitam dilemparkan terakhir ketika air yang dibasahi rempah-rempah sesuai dengan keinginan Anda, baik direbus dengan bumbu, atau dari kompor.

Teh Mint Magrebi

minuman tradisional

Teh mint khas Maroko telah menjadi lebih dari simbol kuliner, keramahan, dan budaya Maroko. Teh hijau spearmint ini secara tradisional ditawarkan kepada para tamu sebagai isyarat penyambutan, biasanya dengan teko Maroko berukir, gelas teh, dan nampan saji. Panci dan gelas yang lebih kasual tersedia untuk digunakan setiap hari untuk keluarga atau teman dekat.

Secara tradisional, teh disajikan tiga kali, masing-masing cangkir memberikan rasa yang unik karena lamanya proses penyeduhan teh. Pepatah Maghrebi yang terkenal menggambarkan hal ini;

‘Gelas pertama selembut kehidupan,

yang kedua sekuat cinta,

yang ketiga sepahit kematian.'

Herbal aromatik lainnya seperti sage, wormwood, lemon verbena, thyme liar, dan geranium liar juga digunakan sebagai alternatif untuk spearmint.

Boba

minuman tradisional

Boba, juga dikenal sebagai bubble tea, pearl milk tea, atau bubble milk tea adalah minuman berbasis teh yang dikocok dengan es sehingga menghasilkan 'gelembung' atau lapisan berbusa di atas minuman. Kini, minuman ini lebih diasosiasikan dengan bola tapioka kenyal atau 'pearl' yang ditambahkan sebagai topping di dalamnya.

Pada awalnya, bubble tea adalah campuran teh hitam Taiwan panas, mutiara tapioka kecil, susu kental manis, dan sirup atau madu. Selama beberapa dekade, bubble tea menjadi lebih fleksibel dan beragam dalam variasinya.

Saat ini Anda dapat menemukan minuman bubble berbasis sari buah dan kopi sebagai alternatif bagi yang tidak suka teh atau susu. Boba rasa buah sangat diminati, dan negara-negara lain bahkan telah memberikan sentuhan mereka sendiri, menambahkan bunga kembang sepatu, kunyit, kapulaga, hingga air mawar ke dalam minuman.

Doogh

minuman tradisional

Doogh, minuman berbahan dasar yogurt dan bersoda di Iran, paling enak disajikan dingin. Ringan dan menyegarkan, doogh adalah pasangan klasik untuk makanan Persia yang kaya rasa. Doogh dibuat dengan yogurt, herba, dan air atau soda klub.

Yogurt yang digunakan adalah yogurt yang lebih kental dan berkrim dengan rasa getir yang lebih kuat dari yogurt yang diproduksi secara massal. Mint kering digunakan untuk memberikan rasa kesegaran yang intens, sedangkan mint segar diaplikasikan sebagai hiasan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini