Varian Baru Virus Corona, Menkes Budi Beberkan 3 Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 481 2335651 varian-baru-virus-corona-menkes-budi-beberkan-3-faktanya-7ZbPeC9rDu.jpg Pandemi virus corona (Foto: Pixabay)

Belum lama ini kabar mengenai adanya mutasi genetik dari virus corona SARS-CoV-2 menjadi pembicaraan hangat masyarakat dunia. Varian virus corona baru yang menyebar di Inggris ini dipercaya lebih cepat menular kepada manusia.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kabar mengenai mutasi virus SARS-CoV-2 memang benar-benar ada. Mutasi terjadi pada bagian spike protein pada virus. Pada kesempatan itu ia juga membagikan 3 fakta tentang mutasi virus yang terjadi.

 Menkes Budi

“Pertama virus ini memang terbukti lebih mudah menular. Kedua virus ini tidak terbukti bisa menyebabkan keparahan. Ketiga, virus ini bisa dideteksi dengan alat deteksi yang ada sekarang seperti swab antigen dan PCR,” terang Menkes Budi dalam Channel Youtube Sekertarian Presiden, Selasa (29/12/2020).

Setelah menjelaskan 3 fakta tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan dengan ancaman varian baru virus corona. Terlebih hingga saat ini belum diketahui, apakah strain yang pertama kali muncul di Inggris itu sudah masuk ke Indonesia.

 Baca juga: Harganya Rp120 Ribu, Tes Antigen CePAD Punya Tingkat Akurasi 85%

“Kita belum tahu, karena untuk mengetahuinya (varian baru virus) kita harus melakukan genom sekuensing. Genom sekuensing hanya bisa dilakukan di beberapa laboratorium,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini