Seberapa Sering Rambut Harus Dipangkas?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 611 2335422 seberapa-sering-rambut-harus-dipangkas-WP8Gh0PYDk.jpg Pangkas rambut (Foto: The List)

Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan rambut, ialah dengan rutin memangkasnya. Tapi yang sekarang menjadi pertanyaan adalah, harus seberapa sering rambut harus dipangkas?

Apakah rambut panjang punya jarak waktu potong yang sama dengan rambut pendek? Mengutip Cosmopolitan, berikut penjelasan seberapa sering kita harus memangkas rambut sesuai dengan kriteria rambut dari Leigh Hardges, stylist dari Maxine Salon, Chicago, Amerika Serikat.

 potong rambut

 

1. Rambut pendek

Jika punya rambut pendek, Leigh menyarankan untuk memangkas alias trim rambut lebih sering untuk mempertahankan bentuk dan mempermudah penataan rambut pendek. Pangkas rambut Anda, setidaknya satu bulan sekali.

2. Rambut medium

Kalau untuk rambut sedang, perubahan pada rambut sedang saat tumbuh sedikit kurang terlihat. Bagi pemilik rambut yang panjangnya sedang ini, Leigh menyarankan untuk memangkasnya enam hingga delapan pekan sekali. Bisa dengan pangkas poni atau potongan yang membingkai wajah.

3. Rambut panjang

Aturan waktu untuk rambut panjang, kurang lebih tak berbeda dengan rambut sedang. Rambut panjang biasanya butuh waktu enam hingga delapan pekan sekali untuk dipotong. Meski demikian, mungkin perlu memangkas poni atau potongan layers di sekitar area wajah di antara jarak waktu 6 sampai 8 pekan tersebut.

4. Poni

Untuk memotong poni, ini sedikit lebih subjektif. Memotong poni dibutuhkan setiap kali Anda merasa perlu penyegaran untuk tampilan gaya rambut. Secara umum, jenis poni tertentu akan membutuhkan lebih banyak perawatan daripada yang lain, contohnya poni super pendek seperti baby bangs, kemungkinan perlu dipangkas lebih sering daripada, curtain bangs.

5. Saat ingin memanjangkan rambut

Jangan salah, me-trim rambut tetap penting demi kesehatan rambut meski Anda sedang dalam usaha memanjangkan rambut. Mencegah helai-helai rambut patah, direkomendasikan untuk memangkas rambut dengan jarak tiga bulan antara pemotongan rambut dan saat mencoba menumbuhkan rambut.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini