Bahayakah Menggunakan Hand Sanitizer Terlalu Sering?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 612 2335836 bahayakah-menggunakan-hand-sanitizer-terlalu-sering-Pwt0GdZqKM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HAND sanitizer menjadi alat yang nampaknya dibawa ke manapun selama pandemi. Hal ini sebagai upaya mencegah terinfeksi virus, seperti covid-19.

Seringnya pemakaian hand sanitizer untuk mencuci tangan, apakah aman? Dimana benda ini terbuat dari bahan-bahan kimia seperti alkohol yang ampuh membunuh kuman.

Dilansir dari laman Times of India, ada beberapa efek samping dari penggunaan hand sanitizer setiap hari. Hal ini dapat merusak komunitas bakteri sehat yang ada di dalam manusia.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, pembersih tangan dengan bahan antibakteri dapat berkontribusi pada perkembangan bakteri yang kebal antibiotik.

Hand Sanitizer

Sementara itu apabila Anda menelan hand sanitizer, berisiko mengalami keracunan alkohol. selain itu jika menyentuh beberapa tetes ke bibir Anda secara tidak sengaja, itu bukan masalah.

Akan tetapi jika Anda meneguknya sedikit, tentunya akan berbahaya. Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) mencatat, bahwa anak-anak sangat berisiko menelan pembersih tangan, terutama jika beraroma, berwarna cerah, atau dikemas dengan menarik. Jadi, jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Efek samping lainnya menggunakan hand sanitizer secara berlebihan, tangan Anda akan menjadi kering. Sebab penggunaan alkohol dapat menghilangkan kelembaban kulit.

Jadi untuk mencegah munculnya mikroba kecil yang berbahaya, dapat merusak bakteri baik, kulit kering, atau takut tertelan anak-anak, mencuci tangan dengan air lebih baik daripada terlalu banyak pakai hand sanitizer.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini