Liburan Bukan Berarti Bebas Makan Seenaknya, Konsumsi 7 Asupan Ini untuk Detoksifikasi

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 298 2336279 liburan-bukan-berarti-bebas-makan-seenaknya-konsumsi-7-asupan-ini-untuk-detoksifikasi-LGDzQ0NrU7.jpg Sayur hijau (Foto: Healthy Recipes)

Liburan tahun baru merupakan momen di mana setiap orang terbebas dari kesibukan lain seperti, pekerjaan, tugas sekolah, dan lain sebagainya. Beberapa orang biasanya merayakan waktu liburan mereka dengan berkumpul bersama keluarga, atau bersama teman-teman terdekatnya.

Namun, berlibur bukan berarti bebas melakukan apapun yang diinginkan, termasuk bebas makan seenaknya dan sepuasnya.

Seperti dilansir dari Times of India, berikut ini adalah makanan dan minuman yang berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Sering konsumsi yuk!

 sering minum air mineral

1. Air mineral

Cobalah untuk minum setidaknya 6-8 gelas air setiap hari untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Jika 6-8 gelas air putih tampaknya terlalu banyak untuk dikonsumsi, maka hal tersebut bisa diganti dengan memasukkan timun, mint, dan lemon ke dalam air agar lebih bervariasi.

2. Makan makanan rumahan

Ini harus menjadi prioritas nomor satu setidaknya untuk bulan depan atau lebih. Sebagian besar makanan yang dihidangkan saat berpesta atau apapun itu, mengandung banyak sekali minyak, garam berlebih, pati dan gula.

Makanan seperti itu mungkin enak tetapi tidak selalu merupakan pilihan yang paling sehat. Kalori dalam makanan rumahan dapat dikontrol dengan menyesuaikan bahan dan minyak yang digunakan. Menyiapkan makanan bergizi di rumah seperti lentil, salad, atau makanan panggang bisa menjadi pengalaman yang memuaskan dan sehat.

 

3. Ubi

Ini adalah alternatif yang bagus untuk kentang biasa. Ubi jalar diperkaya dengan beta-karoten yang meningkatkan sistem kekebalan dan memberi tubuh energi yang dibutuhkannya sekaligus meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh.

4. Yogurt tanpa pemanis

Tambahkan yogurt tanpa pemanis ke daftar makanan Anda dan berikan detoksifikasi probiotik ke tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsinya antara makan siang Anda atau hanya memakannya sebagai camilan. Yogurt memiliki manfaat pengobatan karena menyediakan protein, kalsium, vitamin D, B6, B12, riboflavin, kalium, dan magnesium.

5. Ikan dengan kandungan Omega 3

Ikan air dingin seperti salmon, makarel, dan sarden mengandung lemak baik yang mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Mereka mengandung asam lemak Omega-3, yang membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh.

6. Sayur hijau

Cobalah untuk lebih sering mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Anda harus memasukkan dalam makanan Anda beberapa porsi kale, brokoli, meethi, bayam dan selada yang diperkaya oleh serat dan mengandung enzim untuk membantu meningkatkan pencernaan dalam tubuh.

7. Buah musiman

Buah beri, jambu biji, jeruk, nanas adalah sumber vitamin yang bagus untuk dijadikan cemilan sehat. Mereka kaya antioksidan dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain beberapa hal diatas, cobalah untuk tetap menjaga tubuh dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat agar detoksifikasi berjalan dengan lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini