6 Manfaat Buah Markisa yang Perlu Diketahui, Bisa Atasi Kecemasan Lho

Adella Christyanti, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 298 2336645 6-manfaat-buah-markisa-yang-perlu-diketahui-bisa-atasi-kecemasan-lho-ttBF9QvLha.jpg Buah markisa. (Foto: Dashu83/Freepik)

BUAH markisa adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi dan memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Markisa berasal dari tanaman merambat tropis berbunga yang dikenal sebagai Passiflora. Tanaman ini tumbuh di iklim hangat, termasuk Amerika Selatan, Australia, Afrika Selatan, dan India.

Buah markisa mengandung daging yang lembut dan banyak biji di dalam kulitnya yang keras. Orang bisa memakan bijinya dan daging buahnya, atau membuatnya menjadi jus, dan menambahkannya ke jus lain.

Baca juga: Waduh, Nia Ramadhani Tak Tahu Bentuk Buah Markisa 

Markisa baru-baru ini mendapat banyak perhatian karena kaya antioksidan kuat dan mungkin juga memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Penasaran apa saja manfaat buah markisa? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip dari Medical News Today.

Buah markisa. (Foto: Livestrong)

1. Memberikan nutrisi utama

Buah markisa mengandung vitamin A dan C. Markisa merupakan buah yang bermanfaat dengan profil nutrisi yang menyehatkan. Markisa mengandung vitamin A tingkat tinggi yang penting untuk kulit, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh. Lalu ada vitamin C yang merupakan antioksidan penting. Markisa juga mengandung fosfor, niasin, dan vitamin B-6 yang dibutuhkan tubuh yang sehat.

2. Kaya antioksidan

Markisa kaya antioksidan yaitu senyawa yang membantu memberantas radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Antioksidan memberikan peran penting dalam menjaga kesehatan sistem tubuh. Ilmuwan tahu bahwa antioksidan meningkatkan aliran darah, khususnya ke otak dan sistem saraf.

Baca juga: Caca Handika Bantah Numpang Tenar Lewat Lesti

3. Sumber serat yang baik

Daging buah markisa mengandung banyak serat makanan. Serat adalah komponen penting dari setiap makanan. Ini membantu mengatur sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit dan gangguan usus. Menurut American Heart Association, serat juga memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Markisa kaya vitamin C yang merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan dengan membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi dari makanan nabati, dan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh.

Baca juga: Tips Bersepeda Aman untuk Para Pemula di Masa Pandemi 

5. Mendukung kesehatan jantung

Buah markisa mengandung kalium yang menyehatkan jantung dan juga rendah natrium. Buah markisa, jika dimakan bersama bijinya, mengandung banyak serat, yang dapat membantu membuang kelebihan kolesterol dari dalam pembuluh darah. Diet tinggi serat dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

6. Mengurangi kecemasan

Buah markisa kaya akan magnesium, mineral penting yang dikaitkan para ilmuwan dengan penurunan stres dan kecemasan. Peneliti menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu orang mengelola tingkat kecemasan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini