Bisakah Covid-19 Menular Lewat Makanan? Ini Penjelasan Dokter

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 481 2336516 bisakah-covid-19-menular-lewat-makanan-ini-penjelasan-dokter-dBJZGqF8GF.jpg Ilustrasi virus corona covid-19. (Foto: Ubergizmo)

SEBAGIAN rumah makan masih menyajikan makanan dengan cara dihidangkan kepada para tamu. Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan di masyarakat, apakah makanan yang dihidangkan secara umum dapat menjadi media penularan covid-19?

Menjawab hal tersebut, Dokter Relawan Covid-19 Fajri Adda'i mengatakan bahwa menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) penularan virus corona yakni melalui droplet atau secara airborne di ruangan tertutup. Pada makanan yang bersentuhan memang memiliki potensi, tapi masih sangat jarang terjadi.

Baca juga: Tes Rapid Antibody vs Antigen, Ini Perbedaan Mencoloknya 

"Jika ada droplet jatuh di makanan dan dimakan, menurut CDC, belum ada bukti sejauh ini terjadi penularan melalui makanan. Jadi misal tifus dan di makanan tersebut ada kontaminan virus, kemudian dia terinfeksi, itu tidak," terang dr Fajri saat dihubungi Okezone, Rabu (30/12/2020).

Ia menjelaskan, berdasarkan CDC di halaman terakhir pun belum terbukti terjadinya penularan covid-19 melalui makanan. Dalam kesempatan ini ia pun coba memberikan penjelasan agar tidak menimbulkan kekeliruan persepsi di masyarakat.

Baca juga: Keberhasilannya Capai 95%, Plasma Konvalesen Jadi Solusi Sembuh dari Covid-19 

"Jadi saat makan bakso dan di dalam bakso tersebut ada jatuh virus, itu belum tentu bisa menularkan. Kecuali penjualnya mengidap covid-19, terus mereka batuk dan mencemari area sekitarnya dengan virus covid-19, dan dipegang area itu lalu memegang mata dan hidung. Maka ini berpotensi, meski angkanya relatif rendah," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini