Kenali Efek Samping dan Manfaat Kafein, Apa Saja Ya?

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 481 2336648 kenali-efek-samping-dan-manfaat-kafein-apa-saja-ya-Xxp9YWC3gY.jpg Kopi berkafein. (Foto: Rawpixel/Freepik)

KOPI jadi salah satu minuman yang digemari banyak orang. Mengonsumsi kopi boleh kapan saja, tapi tidak berlebihan. Pasalnya, kopi mengandung kafein yang juga memiliki efek samping.

Namun ternyata kafein tidak selamanya buruk lho. Kafein juga bisa memberi banyak manfaat. Maka itu, yuk kenali fakta tentang kafein, seperti dilansir Healthsite.

Baca juga: Ibu Hamil Masih Boleh Konsumsi Kafein, Asal.... 

Efek Samping Kafein:

1. Terlalu banyak kafein yang dikonsumsi akan memberi sentakan energi pada tubuh. Ketika hal itu mulai memudar, Anda akan merasa cemas, bahkan dapat menyebabkan serangan panik.

2. Minum terlalu banyak kopi dapat mengganggu pola tidur yang dapat menyebabkan insomnia.

3. Kafein bisa memicu pertumbuhan bakteri di mulut yang bisa menyebabkan kerusakan email gigi. Ini juga akan menyebabkan bau mulut dan noda pada gigi.

4. Kafein memiliki efek stimulasi pada sistem saraf yang dapat menyebabkan tekanan darah melonjak. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

5. Ini juga dapat menyebabkan beberapa gejala yang tidak diinginkan seperti sakit kepala, kurang konsentrasi, dan mudah tersinggung.

6. Studi juga menunjukkan bahwa asupan kafein yang tinggi dapat menyebabkan masalah pencernaan, termasuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

7. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat memengaruhi mood.

Baca juga: Bra Tanpa Kawat Diprediksi Semakin Diburu Kaum Hawa

Manfaat Kafein:

1. Minum kopi berkafein bisa membuat merasa berenergi dan membuat pintar. Cara kerjanya dengan memblokir neurotransmitter penghambat di otak yang menyebabkan efek stimulan.

2. Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Kafein juga dapat meningkatkan respons adrenalin dan meningkatkan kinerja fisik.

4. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

5. Minum kopi berkafein dalam jumlah terbatas dapat melindungi hati dari kondisi seperti sirosis.

Baca juga: Mengandung Kafein, Baiknya Minum Kopi Berapa Cangkir Sehari? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini