Seberapa Besar Peran Skincare dan Kosmetik untuk Melindungi Kulit dari Polusi?

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 611 2336267 seberapa-besar-peran-skincare-dan-kosmetik-untuk-melindungi-kulit-dari-polusi-uwFafzrwgX.jpg Perawatan kulit wajah (Foto: Pinterest)

Banyak produk skincare maupun kosmetik saat ini menawarkan kandungan anti polusi, atau dapat membantu merawat kulit Anda dari serangan debu dan sinar ultra violet (UV).

Dilansir dari laman Health Line, hal ini disebabkan banyak kota-kota besar di Asia, misalnya Jakarta yang memproduksi polusi sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

"Dengan perubahan iklim menjadi masalah di mana pun Anda tinggal, kita semua lebih sadar akan polusi akhir-akhir ini," ujar Dr. Bruce Robinson, FAAD , Ahli Kulit bersertifikat di New York City dan Profesor Klinis Dermatologi di Lenox Hill Hospital.

Ia mengatakan, bahwa produk perawatan kulit dengan manfaat anti polusi mengandung bahan yang melindungi kulit dari segala sumber kerusakan, termasuk polutan lingkungan.

Nah, berikut ini beberapa kandungan dalam skincare dan kosmetik yang dapat membantu melindungi kulit, khususnya dari polusi, antara lain sebagai berikut:

 pakai skincare

1. Antioksidan

Antioksidan mengikat radikal bebas sebelum mereka dapat merusak sel kulit. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, bahwa mereka dapat memerangi kerusakan kulit terkait polusi.

Sebuah studi kecil tahun 2020 oleh para peneliti Korea Selatan menemukan, bahwa orang yang menggunakan serum antioksidan dengan vitamin C, E, dan asam ferulic dua kali sehari selama dua minggu setelah perawatan laser memiliki penurunan yang lebih besar pada bintik-bintik hitam terkait polusi pada kulit.

Kemudian sebuah studi tahun 2020 yang didanai oleh perusahaan perawatan kulit Amerika yang mengamati sel-sel kulit manusia di laboratorium menemukan, bahwa secara teratur mengoleskan larutan dengan vitamin C (asam l- askorbat), vitamin E , dan asam ferulic dapat mencegah kerusakan akibat polusi.

2. Pelembab

Pemakaian pelembab secara teratur dapat memperkuat pelindung kulit untuk meminimalkan potensi polutan udara, dimana menembus sel kulit dan menyebabkan stres oksidatif.

3. Penghambat UV fisik

Sinar UV seperti bom pintar, memasuki kulit dan meledakkan kolagen dan serat elastis yang menyebabkan keriput, kulit kendor, dan perubahan DNA sel yang meningkatkan risiko kanker.

Tetapi ada alasan lain untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Tabir surya mineral dengan SPF 30, atau lebih besar memberikan penghalang secara fisik baik terhadap sinar UV maupun polutan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini