Di Tengah Pandemi Kuas Makeup Harus Sering Dicuci, Begini Caranya

Uthari Handayani, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 611 2336371 di-tengah-pandemi-kuas-makeup-harus-sering-dicuci-begini-caranya-y5wpY4iGQb.jpg Kuas makeup (Foto: Wish)

Kuas makeup memiliki peran penting untuk mendapatkan riasan sempurna. Ini juga harus dibarengi dengan kebersihannya selama dan sesudah pemakaian.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19, kebersihan kuas makeup harus benar-benar diperhatikan. Sebab jika kuas makeyp kotor bisa jadi alat berkembangnya bakteri bahkan virus.

Seperti dilansir dari Good Housekeeping, Sabina Wizeman, Ahli Kimia di Bidang Kecantikan mengatakan, “Idealnya kuas dibersihkan setiap kali habis pakai, tapi mungkin akan merepotkan untuk kebanyakan orang.”

Namun jika merepotkan, maka cucilah kuas makeup sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu. Lantas, bagaimana cara mencucinya dengan benar?

 mencuci kuas makeup

1. Basahi bulunya

Basahi bulu kuas dengan air mengalir. Hati-hati untuk tidak mengenai gagangnya karena dapat melonggarkan lem dan menyebabkan bulu rontok.

2. Usapkan pada sabun dengan lembut

Taruh sabun cuci di telapak tangan dan usapkan kuas dengan itu. Secara lembut, putar-putar kuas secara melingkar.

3. Bilas dengan bersih

Setelah kuas berbusa, bilas sabunnya menggunakan air mengalir. Lakukan ketiga langkah ini beberapa kali hingga kuas benar-benar bersih dari sisa produk makeup.

4. Peras kuas perlahan

Peras dan tekan-tekan bulu kuas agar airnya menetes. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak bulu.

5. Keringkan

Untuk mengeringkannya, kuas tinggal di simpan di atas handuk semalaman. Dan siap digunakan pada pagi harinya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini