Sering Insomnia? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 612 2336234 sering-insomnia-coba-atasi-dengan-5-cara-ini-8gcBeZ8CSz.jpg Susah tidur (Foto: Help Guide)

Banyak orang mengalami insomnia di tengah meningkatnya kecemasan akibat pandemi Covid-19. Gangguan tidur ini membuat Anda kesulitan tidur dan terlelap sampai waktunya bangun pagi.

Meskipun jumlah waktu tidur yang dibutuhkan setiap orang berbeda, namun kebanyakan orang dewasa memerlukan tidur setidaknya 7 jam per malam. Pola tidur dapat mengganggu aktivitas dan kualitas kehidupan Anda. Atasi insomnia ini dengan 5 cara seperti dilansir dari Healthline.

 meditasi

1. Meditasi

Meditasi dilakukan dengan mengatur pernapasan yang lambat dan stabil sambil duduk tenang. Anda Mengamati napas, tubuh, pikiran, perasaan, dan sensasi saat mereka naik dan turun.

Meditasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang dapat membuat tidur nyenyak. Selain itu, dapat mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kekebalan.

2. Yoga

Yoga terbukti memiliki efek positif pada kualitas tidur. Yoga juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fungsi fisik, dan meningkatkan fokus.

Pilihlah gaya yang berfokus pada meditasi gerakan pernapasan. Gerakan yang lambat dan terkontrol memungkinkan Anda untuk tetap bertahan dan fokus, seperti Yin dan Yoga Restoratif.

Upayakan untuk melakukan yoga ini tiap minggu, setidaknya 20 menit latihan mandiri setiap hari. Melakukan yoga untuk postur tubuh sebelum tidur dapat membuat Anda rileks dan melepas lelah.

3. Olahraga

Olahraga dapat menigkatkan kesehatan secara menyeluruh. Dapat meningkatkan mood, memberikan energi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Peserta dalam studi 2015, berolahraga setidaknya 150 menit per minggu selama enam bulan. Ditemukan peserta ini mengalami berkurangnya gejala insomnia, kecemasan, dan depresi.

Anda harus melakukan olahraga ringan setidaknya 20 menit per hari. Dan Anda juga dapat menambahkan latihan kekuatan atau latihan aerobik berat beberapa kali per minggu. Luangkan waktu untuk merasakan manfaat yang diberikan pada tidur Anda.

4. Pijat

Para peneliti dalam studi 2015 menemukan, terapi pijat bermanfaat bagi penderita insomnia dengan meningkatkan kualitas tidur dan disfungsi siang hari. Selain itu, pijat juga dapat mengurangi perasaan sakit, kecemasan, dan depresi

5. Minyak lavender

Lavender dapat meningkatkan mood, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi rasa sakit. Hasil studi 2014 menunjukkan, minyak lavender bermanfaat untuk memperbaiki pola tidur pada orang yang depresi. Orang-orang juga menunjukkan tingkat kecemasan mereka berkurang dan memungkinkan untuk tidur lebih nyenyak.

Tambahkan minyak lavender ke diffuser atau semprotkan ke bantal Anda. atau teh lavender juga bisa menjadi pilihan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini