Selain Stroke, Ini Penyakit Orang Tua yang Bisa Serang Anak Muda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 612 2336340 selain-stroke-ini-penyakit-orang-tua-yang-bisa-serang-anak-muda-pzjyr8SZY3.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK anak-anak muda mengadopsi gaya hidup yang tidak sehat, cenderung tidak peduli dengan kesehatannya. Mereka beranggapan, semua dilakukan mumpung masih muda, sehingga tubuhnya masih sehat.

Padahal, usia muda tidak menutup kemungkinan seseorang terkena penyakit mematikan. Studi terbaru menunjukkan bahwa beberapa penyakit yang dianggap hanya untuk orang tua, dapat memengaruhi remaja.

Merangkum dari Hopkins Medicine, berikut lima penyakit mematikan yang dapat menyerang usia remaja.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi terjadi ketika darah memompa terlalu kuat melalui pembuluh darah. Penyakit ini sering disebut dengan silent killer. Julukan tersebut diberikan karena kebanyakan orang yang mengalaminya tidak menunjukkan gejala.

Tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan komplikasi seperti merusak jantung, ginjal, pembuluh darah dan otak.

stroke

Diabetes tipe 2

Seseorang bisa saja menderita diabetes dan bahkan tidak menyadarinya. Itu terjadi pada sekitar 3,1 juta wanita di Amerika Serikat, yang kemungkinan tidak tahu bahwa mereka mengidap penyakit tersebut karena mereka tidak melihat gejala apa pun.

Obesitas merupakan faktor risiko utama diabetes. Generasi yang lebih muda - bahkan anak-anak memiliki tingkat obesitas yang jauh lebih tinggi daripada sebelumnya.

Stroke

Sementara mayoritas stroke terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun. Salah satu penelitian baru-baru ini menemukan 32 persen peningkatan stroke pada wanita berusia 18 hingga 34 tahun. Peningkatan mendadak ini sangat mengkhawatirkan.

Kanker usus besar dan rektal

Studi lain mengatakan kaum milenial yang semakin terpengaruh oleh kanker usus besar dan rektal. Faktor risiko utama bagi sebagian besar pasien kanker kolorektal hanyalah usia. Tapi sekarang ada peningkatan pada populasi yang lebih muda.

Penyusutan otak

Penyusutan otak terdengar cukup menakutkan, tetapi sebenarnya ini adalah bagian normal dari penuaan. Namun, faktor-faktor tertentu dapat memicu penurunan volume otak yang lebih cepat.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, kelebihan berat badan atau merokok, otak dapat menyusut lebih cepat dari biasanya, yang dapat memengaruhi kapasitas mental.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini