Memilih Kontrasepsi Tepat agar Tak Bobol saat Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 612 2336392 memilih-kontrasepsi-tepat-agar-tak-bobol-saat-pandemi-covid-19-MLnbROIJH1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI virus corona Covid-19 membuat masyarakat berpikir dua kali untuk pergi mengunjungi fasilitas kesehatan maupun rumah sakit. Tentunya kondisi ini sangat berpengaruh pada ibu yang sedang hamil dan usai melahirkan.

Ketua ILUNI FKUI 96 dan Ketua Umum Panitia Pelaksana Dies Natalis FKUI 2021, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH mengatakan layanan telemedicine saat ini tersedia pada saat kehamilan, setelah kehamilan dan layanan selama & setelah kehamilan.

"Layanan telemdedicine juga dapat dilakukan bagi pasangan yang membutuhkan layanan kontrasepsi, dan perawatan Kesehatan seksual dan reproduksi lainnya selama pandemi Covid-19," jelas Prof. Iko.

Sementara untuk layanan kontrasepsi, Prof. Iko mengatakan bentuk kontrasepsi jangka panjang yang reversibel sangat mungkin menjadi kontrasepsi yang efektif. Sebab mereka dapat bertahan selama setahun atau lebih dari yang biasanya direkomendasikan.

“Hal ini tidak menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan lebih lama sehingga pasien mungkin disarankan untuk menunda penggantian untuk sementara waktu,” tambahnya.

alat kontrasepsi

Sebagai contoh, IUD copper seperti T dilisensikan selama 10 tahun tetapi tidak menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan lebih lama dan cenderung efektif untuk kontrasepsi hingga 12 tahun.

Levonorgestrel 52 mg seperti Mirena yang dilisensikan selama 5 tahun tidak menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan lebih lama dan cenderung efektif untuk kontrasepsi selama 6 tahun.

“Kontrasepsi ini dapat digunakan dengan aman dari usia 45 sampai 55 tahun. Kontrasepsi implant yang dilisensikan selama 3 tahun tidak menyebabkan masalah kesehatan jika digunakan lebih lama dan cenderung efektif untuk kontrasepsi selama 4 tahun,” sambungnya.

Lebih lanjut, Prof. Iko menjelaskan bahwa semua jenis kontrasepsi aman untuk digunakan pada semua perempuan di masa pandemi Covid-19. Termasuk kontrasepsi hormonal yang justru memiliki keunggulan dalam beberapa hal karena sifat estrogen sebagai modulator sistem imunologi tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini