6 Hal yang Wajib Dilakukan saat Staycation di Tengah Pandemi

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 612 2336397 6-hal-yang-wajib-dilakukan-saat-staycation-di-tengah-pandemi-yqesXZwIyE.jpg Staycation di tengah pandemi (Foto: Inst Kantmai)

Baru-baru ini, ramai mencuat soal kasus Covid-19 di Singapura yang terjadi di antara 13 orang tamu hotel yang sedang staycation. Sejauh ini dikatakan diduga penularannya kemungkinan terjadi lewat media handuk dan sprei.

Namun jika dilihat di Indonesia sendiri, kenaikan angka kasus positif nyatanya tak membuat masyarakat takut untuk berlibur dan menginap contohnya staycation di hotel.

Belajar dari kasus yang terjadi di Singapura, sebetulnya apa protokol kesehatan yang harus kita, para tamu hotel lakukan ketika menginap di hotel?

Mewawancarai dr. Muhamad Fajri Adda'I, tim Koordinator Relawan Satgas Covid-19, Rabu (30/12/2020) berikut ulasan singkat 6 hal wajib yang harus dilakukan saat menginap di hotel di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

 staycation

1. Teliti pilih hotel

Jangan sembarangan memilih hotel hanya karena alasan murah atau diskon akhir tahun. Cari hotel yang berkualitas dan bagus dari segi desain ventilasi ruangan.

“Cari hotel yang ventilasinya bagus, dilihat coba dari lobi utamanya ventilasinya sudah bagus atau belum. Lihat juga orang-orang di situ, pakai masker atau enggak, dan jauh-jauh sama orang lain,” kata dr. Muhamad Fajri Adda'I.

2. Tidak berbicara di lift

Disebutkan oleh dr. Muhamad Fajri Adda'I, lift merupakan salah satu tempat umum yang risikonya tinggi karena kecil dan tertutup. Begitu menuju kamar hotel, saat berada di lift jangan berbicara sedikit pun.

“Masuk lift jangan banyak ngomong, lift itu sempit dan tertutup, high risk. Orang batuk, ngomong semua di situ, meskipun hanya beberapa detik atau menit saja,” katanya.

3. Buka jendela

Saat memesan kamar, pilih yang ada jendela. Kemudian ketika masuk kamar, langsung buka semua jendela selama 2-3 jam (AC menyala tidak apa-apa). Hal ini jadi penting, agar ada sirkulasi udara.

4. Bersihkan kamar

Setelah buka jendela, langsung bersihkan lokasi yang sekiranya sering dipegang-pegang orang lain. Contohnya dengan menyemprotkan disinfektan ke remote tv, remote AC, gagang pintu, dan-lain-lain.

“Pakai sarung tangan, lalu kain dibasahkan dengan cairan disinfektan lalu diusap ke barang yang ingin dibersihkan,” lanjut dr. Muhamad Fajri Adda'I.

5. Alternatif handuk

Jika masih was-was, diperbolehkan juga untuk membawa handuk sendiri dari rumah. Sehingga tetap memakai handuk pribadi, alih-alih handuk hotel.

6. Cuci tangan

Rajin cuci tangan menggunakan air dan sabun, dimulai jadi begitu sampai hotel, masuk kamar, masuk ruangan, dr. Muhamad Fajri Adda'I mengimbau untuk langsung mencuci tangan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini