Tips Bersepeda Aman untuk Para Pemula di Masa Pandemi

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 612 2336589 tips-bersepeda-aman-untuk-para-pemula-di-masa-pandemi-wlXF2mgOEj.jpg Ilustrasi olahraga bersepeda. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

OLAHRAGA bersepeda kembali hits di masa pandemi covid-19 ini. Bersepeda memang jadi tren positif yang menyehatkan di kalangan masyarakat. Namun, bersepeda di masa pandemi seperti sekarang harus dilakukan dengan tepat agar tetap aman dan sehat.

Terkait hal ini, salah satu personel komunitas Jakarta Cycling Community yakni Ario Pratomo memberikan tips bersepeda aman untuk para pemula di masa pandemi covid-19.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Cepat Bantu Turunkan Berat Badan 

Tips pertama ialah memilih sepeda yang tepat. Tidak boleh asal memilih sepeda atau untuk sekadar bergaya.

"Pesepeda pemula yang baru mau mulai beli sepeda yang pasti, pertama, harus cari sepeda yang ukurannya cocok dengan tinggi badan," kata Ario dalam Live Okezone Stories bertajuk 'Bersepeda Tren Positif di Tengah Pandemi', Rabu (30/12/2020).

Tips selanjutnya, terang dia, bagi orang-orang yang sudah mulai sepedaan tapi masih terbilang baru, diingatkan bahwa bersepeda adalah olahraga yang cukup berat kalau ditekuni secara serius, apalagi yang sifatnya seperti road bike.

Baca juga: Sederet Kesalahan Umum saat Bersepeda, Salah Satunya Pakai Celana Dalam 

Maka itu, supaya tetap aman dan sehat melakoni olahraga bersepeda, terlebih di masa pandemi covid-19 ini, pola tidur, makan, hingga pola istirahat harus sangat diperhatikan.

"Buat yang sudah mulai, pastinya jaga kondisi. Cukup tidur, pola makan dan istirahat harus baik dan dirapikan karena ini semuanya berpengaruh. Pola resting, jadi dalam satu pekan itu ada beberapa hari yang aktif dan ada hari yang off. Intinya, jangan maksa. Goweslah sesuai kemampuan, tapi konsisten," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini