Bersepeda Bareng dan Tetap Aman di Masa Pandemi, Begini Caranya

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 612 2336601 bersepeda-bareng-dan-tetap-aman-di-masa-pandemi-begini-caranya-3czyuqM4jb.jpg Ilustrasi olahraga bersepeda. (Foto: Markus Spiske/Unsplash)

PANDEMI covid-19 membuat olahraga bersepeda kembali populer di antara kalangan masyarakat Indonesia, terutama di kota besar seperti Jakarta. Sebagian besar orang yang hobi gowes ini bergabung dalam komunitas, sehingga bersepeda dilakukan bersama-bersama.

Lalu bagaimana caranya supaya tetap aman bersepeda, meskipun bersama-sama orang lain?

Baca juga: Tips Bersepeda Aman untuk Para Pemula di Masa PandemiĀ 

Ario Pratomo, personel komunitas Jakarta Cycling Community, mengatakan saat olahraga bersepeda protokol kesehatan dasar seperti memakai masker harus tetap diperhatikan.

"Ini berlaku enggak hanya buat sepedaan, tapi olahraga lain juga menurut saya. Kalau masih dalam tahap pemanasan ya pakai masker. Pas zona training yang intensitasnya meningkat memang kalau pakai masker itu sedikit menganggu masuknya udara justru bahaya. Tapi ya, pas training selesai sampai pulang ke rumah itu masker ya dipakai," kata Ario dalam Live Okezone Stories bertajuk 'Bersepeda Tren Positif di Tengah Pandemi', Rabu (30/12/2020).

Olahraga bersepeda

Selain soal masker, berkaca dari pengalaman dia sendiri di JKT_CC, peserta gowes diimbau tidak bergerombol. Maka itu, meskipun memulai gowes dari titik start bersama-sama, setiap orang bebas untuk finish di mana saja.

"Kalau rombongan peserta banyak, kita bagi jadi 2 sampai 3 grup supaya enggak terlalu ramai. Kita kalau ride enggak pernah menetapkan selesai di mana. Jadi enggak ngajak finish secara gerombolan. Sampai saat ini terbentuknya seperti itu. ada yang selesai di lokasi A, ada yang di lokasi B. Jadi kebentuk grup yang kecil," imbuhnya.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Cepat Bantu Turunkan Berat BadanĀ 

Terakhir, Ario mengingatkan ketika bersepeda di jalan maka wajib hukumnya mengikuti rambu lalu lintas dan tidak ugal-ugalan.

"Jangan gegabah, enggak ugal-ugalan di jalan, ikutin road captain di depan," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini