Waspada, Benda-Benda Ini Ternyata Lebih Kotor dari Toilet

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 612 2336650 waspada-benda-benda-ini-ternyata-lebih-kotor-dari-toilet-7f1h1M2yB4.jpg Ilustrasi toilet. (Foto: Jan Antonin Kolar/Unsplash)

MENCUCI tangan di wastafel atau toilet tidak cukup untuk melawan bakteri dan kotoran dari benda-benda di rumah yang sering disentuh. Ukurannya yang tidak terlihat sering kali membuat seseorang abai akan permukaannya yang tampak bersih.

Faktanya, beberapa benda ternyata lebih kotor dari toilet. Benda-benda tersebut diketahui memiliki lebih banyak bakteri daripada toilet.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Kerja Toilet Pesawat, Beda dengan di Rumah 

Apa saja benda-benda yang lebih kotor dari toilet itu? Berikut daftarnya, seperti dilansir The Spruce.

1. Handphone

Sekalipun tidak pernah memainkan handphone di toilet, permukaan benda satu ini pasti diselimuti bakteri. Namun ada cara mudah untuk membersihkannya, gosokkanlah campuran alkohol dan air bersih menggunakan kain bebas serat mikro. Jangan lupa juga membersihkan aksesori handphone-nya.

2. Keyboard dan remote

Keyboard dan remote adalah benda yang sering disentuh setiap hari. Jadi tidak heran jika keduanya menyimpan banyak kuman. Cara mudah membersihkannya adalah dengan menggunakan lap disinfektan khusus elektronik.

Baca juga: 5 Toilet Buat Sultan, Harganya Capai Miliaran 

3. Kenop pintu kamar mandi

Tidak semua orang membersihkan tangannya usai dari kamar mandi. Maka itu, pastikanlah membersihkan kenop pintunya setiap hari dengan lap disinfektan. Tidak terkecuali dengan pintu ruangan lainnya.

4. Talenan

Terutama talenan yang terbuat dari kayu. Di setiap goresan kecil dan celah-celahnya adalah tempat yang sempurna untuk bakteri berkembang biak. Ini juga merupakan penyebab dari banyaknya penyakit paling umum di rumah. Cucilah talenan dengan air panas dan sabun. Pastikan juga untuk membedakan talenan sayuran dan daging.

5. Spons cuci piring

Spons yang berbau adalah berasal dari bakteri Salmonella atau E-coli. Berhentilah menggunakannya karena hanya akan menyebarkan bakteri lebih luas lagi. Kemudian ganti spons secara rutin setiap beberapa minggu.

6. Tas belanja reusable

Tas ini sangat baik untuk menjaga lingkungan dari sampah plastik. Tapi jika tidak rajin-rajin mencucinya akan menumpuk bakteri dan kotoran. Usahakan setiap kali sampai di rumah, langsung kosongkan tas dan bersihkan.

Baca juga: Wow, Bocah Usia 9 Tahun Menang Lomba Desain Toilet Canggih NASA 

7. Mainan hewan dan mangkuk makanannya

Baik mainan hewan maupun mangkuk makanannya, dipenuhi dengan bakteri dari mulut mereka. Kedua benda ini harus selalu dicuci dengan air panas dan sabun.

8. Dompet atau ransel

Dompet atau ransel banyak disimpan pada tempat-tempat yang kotor, seperti lantai, ruang kelas, meja kantor, dan toilet. Permukaannya sudah bisa dipastikan mengandung banyak bakteri dan kotoran. Disarankan untuk selalu membersihkannya dengan sering.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini