6 Negara Ini Punya Tradisi Makanan Tahun Baru, Unik-Unik Lho

Uthari Handayani, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 298 2336756 6-negara-ini-punya-tradisi-makanan-tahun-baru-unik-unik-lho-4Iv4Z9Nf3G.jpg Mi soba jadi makanan tahun baru di Jepang. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

TAHUN baru merupakan momen spesial bagi semua orang di dunia. Biasanya peristiwa ini diiringi penghitungan mundur detik-detik terakhir sisa waktu menuju tahun selanjutnya.

Satu hal yang sama adalah selalu ditandai dengan ledakan kembang api yang melesat ke udara kemudian disambut sorakan kegembiraan. Namun tampaknya tahun baru kali ini sulit terwujud, karena dunia sedang mengalami masa sulit di tengah pandemi covid-19.

Baca juga: Bisakah Covid-19 Menular Lewat Makanan? Ini Penjelasan Dokter 

Selain itu, ternyata ada tradisi lain di momen tahun baru. Sejumlah negara memiliki tradisi makanan tahun baru. Penganan yang disajikan pun unik-unik.

Apa saja tradisi makanan tahun baru dari berbagai negara itu? Simak deretannya berikut ini, seperti dilansir Taste of Home.

1. Jepang

Tradisi dari Negeri Matahari Terbit ini adalah mereka akan menyantap mi soba tepat sebelum masuk ke tahun baru. Mi soba atau toshikoshi soba ini berarti melintasi tahun. Sarat filosofinya dengan tekstur mi yang mudah dipotong karena menandakan pelepasan penyesalan tahun lalu dan memotongnya sebelum berganti tahun.

2. Spanyol

Bagai menyambut tahun baru dengan sesuatu yang sehat, orang Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur hijau di 12 detik terakhir tahun sekarang. Dipercaya akan membawa keberuntungan jika berhasil memakan semuanya pada lonceng tengah malam. Sementara ketika gagal akan membawa nasib buruk.

Baca juga: 8 Cara Menyimpan Sisa Makanan Supaya Tetap Awet dan Lezat 

3. Kolombia

Tradisi orang Kolombia ada pada penyiapan 3 buah kentang yang masing-masing dikupas secara berbeda-beda dan ditaruh di bawah kasur. Ada yang dikupas penuh, menandakan masalah keuangan, dikupas setengahnya yang berarti keberuntungan di antara dua lainnya, dan dibiarkan begitu saja menunjukkan kelimpahan. Saat tengah malam tiba, mereka mengeluarkannya dan kentang pertama yang disentuh akan menentukan nasib di tahun barunya.

4. Prancis

Di Prancis sendiri tahun baru ditandai dengan menyantap hidangan besar atau dikenal dengan le réveillon de la Saint-Sylvestre. Terdiri dari foie gras, tiram, lobster, dan escargot.

Baca juga: 7 Mitos Makanan Vegetarian, Gak Selalu Mahal Kok 

5. Irlandia

Tradisi dari Irlandia adalah membenturkan roti ke dinding rumah mereka pada malam tahun baru. Ini berarti mengusir nasib buruk dan roh jahat. Selain itu, cara ini dilakukan untuk mengundang keberuntungan dan memastikan tahun barunya dilimpahkan makanan.

6. Brasil

Tahun baru di Brasil dipenuhi angka tujuh. Mulai dari memakan tujuh biji delima yang menandakan keberuntungan dan pengharapan akan dompet selalu terisi penuh dan memakan tujuh buah anggur dimaksudkan untuk kelimpahan di semua bidang kehidupan. Beberapa orang Brasil juga melompati tujuh gelombang laut seraya mengharapkan permintaan saat mereka melompat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini